Elektabilitas Anies Turun Disalip Prabowo, Ganjar di Posisi Teratas

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 14 Februari 2023
Elektabilitas Anies Turun Disalip Prabowo, Ganjar di Posisi Teratas
Ganjar Pranowo saat ditemui wartawan usai acara penggalangan dana bersama SOIna jelang SOWSG 2023 di Museum Nasional Jakarta, Rabu (25/1). ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira

MerahPutih.com- Peta kekuatan bakal calon Presiden 2024 mulai terlihat. Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei terbaru terkait figur calon Presiden 2024 menndatang.

Hasilnya, Ganjar Pranowo menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi. Gubernur Jawa Tengah itu menjadi tokoh paling banyak dipilih dengan angka 19,8 persen.

Baca Juga;

Jokowi Prediksi Elektabilitas Prabowo akan Melejit Tinggi

Kemudian, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan menyampaikan elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan angka yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan survei yang dilakukan sebelumnya pada Oktober 2022.

"Dalam survei terlihat Ganjar Pranowo itu mengalami peningkatan angka yang cukup signifikan yang sebelumnya dalam Oktober 2022 sebesar 15,8 persen itu menjadi 19,8 persen," jelas Rafif dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2).

Rafif menjelaskan peningkatan elektabilitas juga didapatkan Prabowo Subianto (17,1 persen). Ia menuturkan Prabowo menyalip Anies Baswedan yang elektabilitasnya menurun setelah tak menjabat Gubernur DKI.

"Anies sudah tidak lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta, elektabilitas Anies ini menurun yang sebelumnya Oktober 17,3 persen, pada Februari menjadi 10,8 persen," beber Rafif.

Baca Juga:

Survei Polmatrix: Elektabilitas Ganjar tak Terkejar, Berpeluang Raih Tiket Capres

Adapun sejumlah tokoh lainnya meraup suara di bawah 10 persen. Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5,1 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dengan 1,7 persen.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 0,5 persen, eks panglima TNI Andika Perkasa dengan 0,5 persen, dan Ketua DPR Puan Maharani dengan 0,4 persen.

Selain calon presiden, survei Populi Center juga menanyakan kepada para responden mengenai sosok calon wakil presiden pilihan mereka. Nama Ridwan Kamil menempati urutan teratas dengan elektabilitas sebesar 22,4 persen, Sandiaga Uno dengan 16,8 persen. Lalu Andika Perkasa dengan 9,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 9 persen.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir dengan 8,8 persen dan Khofifa Indar Parawansa dengan 6,2 persen. Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 25 Januari hingga 3 Februari 2023. Metodenya dilakukan secara tatap muka terhadap 1.200 responden dengan metode multistage random sampling.

Margin of error survei ini sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Proses wawancara tatap muka dilakukan dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center. (Knu)

Baca Juga:

Survei LSI: Ganjar Duduki Peringkat Teratas Elektabilitas Capres 2024

#Ganjar Pranowo #Prabowo Subianto #Anies Baswedan #Pemilu #Pemilu 2024
Bagikan
Bagikan