Electronic Arts Dikomplain 'Gamer' sampai Pecahkan Rekor Dunia EA nampaknya tak bisa senang dengan pencapaian mereka kai ini. (Foto: YouTube/MrMoreGame)

ELECTRONIC Arts (EA) baru saja memecahkan rekor dunia Guinness dengan game besutannya, Star Wars Battlefront 2. Meski pun itu adalah rekor, tampaknya developer itu tidak mau ada yang tahu tentang pencapaiannya.

Mengapa? Karena rekor yang EA pecahkan adalah unggahan yang mendapatkan downvote terbanyak di situs Reddit.

Baca Juga:

Mobil Tercepat di Game Grand Theft Auto 5

Kabar tersebut viral karena pengguna Reddit dengan nama akun -amsha-, mengunggah foto salah satu halaman buku Rekor Dunia Guinness edisi 2020. Foto itu mengungkapkan alasan yang membuat EA mendapat downvote.

electronic arts games
Unggahan yang membuat pencapaian EA viral. (Foto: Reddit/-amsha-)

"Unggahan resmi dari pengembang video game Electronic Arts, menjawab komplain dari para pemain tentang karakter seperti Darth Vader dan Luke Skywalker di Star Wars Battlefront II (2017) melalui loot boxes, memiliki 683.000 downvotes."

Buat kamu yang jarang bermain game online pasti asing dengan kata loot boxes. Adalah kotak yang berisi barang-barang virtual. Barang-barang virtual ini dapat berupa karakter, senjata atau barang lainnya yang dapat membantu pemain.

Loot boxes ini dapat diperoleh setelah menyelesaikan tugas yang diberikan, naik level, atau membelinya. Yap, membelinya. Sedihnya, loot boxes sangat sulit diperoleh kecuali jika pemain rela mengeluarkan uang lebih.

Tidak jadi masalah jika isi loot boxes tidak terlalu mempengaruhi permainan. Sayangnya, loot boxes yang dijual EA sangat mempengaruhi permainan, khususnya dalam multi-player. Ini lah yang kemudian dinilai pemain sebagai cara EA memperoleh uang. Mereka membuat game multi-player dengan sistem pay-to-win.

Bisnis model EA ini tidak disukai oleh banyak gamer. Mereka tak suka harus mengeluarkan uang terus-menerus untuk dapat bermain. Padahal uang sudah dikeluarkan ketika membeli game. Tak mengherankan bila unggahan mereka pun jadi sasaran kemarahan para gamer.

Hingga saat ini, jumlah downvotes yang didapatkan EA terus bertambah. Di saat penulisan artikel ini (08/09), jumlah downvotes EA bertambah ke angka 667.826.

Baca Juga:

Fitur-Fitur Keren di PlayStation 5

electronic arts games
Unggahan EA yang membuatnya masuk buku rekor dunia milik Guinness. (Foto: Reddit)

Hal ini berbanding jauh dengan unggahan dengan downvotes terbanyak kedua. Yaitu unggahan 96Phoenix berisikan meme yang artinya meminta downvotes (yap, ia meminta untuk di-downvotes). Unggahan Phoenix kini memiliki 23.396 downvotes.

Ini berarti EA memiliki 28 kali lipat downvotes lebih banyak dibandingkan orang yang meminta downvotes. Momen ini pun seharusnya menjadi pelajaran bagi semua pengembang games. Bahwa mereka seharusnya berhati-hati kepada komunitas yang sebenarnya merupakan sumber kehidupan mereka. (sep)

Baca Juga:

Bikin Kangen, Kenali Lagi 5 Game Online Lawas Terkenal di Tahun 2000-an


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy