El Derbi Madrileno dan Perjuangan Atletico Meredam Dominasi Real Madrid Vinicus Junior vs Griezmann ikon baru El Derbi Madrileno (Foto: Marca)

MerahPutih.Com - Bagi publik sepak bola Spanyol khususnya ibu kota Madrid, derby Madrid selalu memberikan sajian tersendiri yang tak sekadar terjadi di atas lapangan hijau. Derby Madrid, layaknya sebuah pertarungan tim sekota, senantiasa menyertakan aroma kompetisi sosio-kultural dan politis.

Jelang laga yang disebut El Derbi Madrileno yang akan berlangsung Sabtu (9/2) malam nanti, kisah panjang rivalitas Atletico Madrid dan Real Madrid kembali bergemuruh di Stadion Wanda Metropolitano.

Meskipun Kota Madrid saat ini memiliki lima tim yang bermain di LaLiga; Real Madrid, Atletico Madrid, Getafe, Leganes, dan Rayo Vallecano, pertemuan antara Real dan Atleti merupakan pertandingan terbesar di kota.

Stadion Wanda Metropolitano markas Atletico Madrid
Stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid (Foto: Zimbio)

Derby ini menjadi pertandingan yang paling sering dimainkan dalam sejarah sepak bola Spanyol dan menjadi salah satu laga yang paling ditunggu.

Setelah Real Madrid resmi didirikan pada tahun 1902, Atletico kemudian menyusul pada tahun berikutnya. Kedua tim telah berlaga dalam banyak pertandingan. Pertandingan resmi pertama sendiri terjadi di Campeonato Regional Centro, yang berakhir imbang 1-1 pada 2 Desember 1902.

Persaingan mereka berlanjut di berbagai kompetisi regional dan nasional, hingga musim 1928/29 ketika LaLiga didirikan dengan kedua tim sebagai salah satu anggota pendiri. Pertemuan pertama mereka di LaLiga berlangsung pada 24 Februari 1929 di Stadion Chamartin milik Real. Tim tuan rumah membawa pulang kemenangan dengan skor 2-1, dengan kedua gol yang dicetak oleh Monchin Triana, yang tahun sebelumnya memperkuat Real.

Pertukaran pemain di antara kedua tim memang bukan suatu hal yang baru. Santiago Bernabeu, Presiden Los Blancos legendaris, pernah bermain untuk Atletico pada era 1920-an. Real juga pernah meminjamkan penyerang Ramon Grosso kepada Atlético pada musim 1963/64 untuk menghindari degradasi.

Pertarungan gengsi mencari penguasa kota Madrid
Derby Madrid selalu jadi pertarungan menjadi penguasa Kota Madrid (Foto: Zimbio)

Sedangkan pemain asal Meksiko, Hugo Sanchez, pernah bermain dan mencetak gol untuk kedua tim dalam pertandingan derby di era 1980-an.

Rekor El Derbi Madrileno

Namun, semua itu tidak berarti bahwa kedua pihak selalu akur. Meskipun pertandingan El Clasico antara Real dan Barcelona dianggap sebagai pertandingan terbesar LaLiga, banyak penggemar yang menganggap derby Madrid masih lebih istimewa.

“Tim yang paling ingin kami kalahkan, bagaimanapun caranya, adalah tetangga kita,” ujar legenda El Real, Alfredo Di Stéfano. “Kalah dalam pertandingan ini berarti membiarkan para penggemar kami diolok-olok di kantor, di bar, dan di jalanan.”

Hingga saat ini, derby Madrid sudah terjadi sebanyak 163 kali, dengan Real menang 86 kali, Atletico 39 kali, dan 38 sisanya berakhir seri.

Mantan pemain sayap Real Madrid, yang juga Presiden Kehormatan klub saat ini, Paco Gento, memegang rekor terbanyak memainkan derby dengan 29 kali penampilan. Sementara rekor pemain Atletico yang paling banyak tampil di derby dipegang oleh Adelardo Rodriguez, dengan 27 kali penampilan.

Derby Madrid
Siapakah yang akan menjadi pemenang Derby Madrid di Wanda Metropolitano? (Foto: Zimbio)

Sedangkan untuk pemain yang kini masih berlaga, rekor pemain yang paling banyak tampil di derby Madrid adalah Sergio Ramos di kubu Real (24 pertandingan) dan Koke dari Atletico (13 pertandingan).

Untuk urusan gol, Di Stefano dan Santillana menjadi pemegang rekor gol terbanyak dalam derby ini dengan 13 gol, sementara Paco Campos dan Adrian Escudero berbagi rekor gol di Atletico dengan masing-masing 9 gol.

Untuk derby musim ini akan dipanaskan oleh pelatih dan kiper Real Madrid, Santi Solari dan Thibaut Courtois, yang sama-sama pernah bermain untuk Atletico. Sedangkan di kubu seberang Saul Niguez, Juanfran Torres, dan Filipe Luis adalah jebolan akademi Real Madrid.(bolaskor.com)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ahmad Basarah: Pernyataan Ahmad Dhani Soal Nasakom Provokatif Bikin Masyarakat Panik



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH