Ekspor Kentang Goreng Belgia Ke Indonesia Semakin Meningkat, Apa Sih Kelebihannya? Kentang goreng Belgia dibuat dengan cara tradisional. (Foto: animoapps)

PERNAH mencicipi kentang goreng Belgia? Sekilas kentang goreng Belgia terlihat sama dengan kentang goreng dari negara lain. Warnanya kuning dan renyah. Namun, kentang goreng Belgia punya kelebihan tersendiri.

President of World Potato Congress, Romain Cools mengatakan kentang goreng Belgia sangat berbeda dengan kentang goreng lainnya. Kentang goreng Belgia dibuat dengan cara tradisional dan turun temurun dari generasi ke generasi.

Baca Juga:

Makan Kentang Goreng Tiap Hari, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Kamu

kentang
James Bint ikon french fries Belgia. (Foto: ist)

Selain itu, kata Cools, kentang goreng Belgia memiliki perbedaan dari cara pengolahannya. Kentang digoreng sebanyak dua kali dan kentang yang dipilih merupakan kentang terbaik dan berkualitas.

"Kami menggoreng kentang dalam minyak, meniriskannya, dan menggorengnya lagi hingga renyah dan berwarna kuning keemasan," ujarnya sebagaimana tertulis di siaran pers yang diterima merahputih.com.

Cools juga menambahkan sektor industri makanan dan minuman di Indonesia terus mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya. Sehingga menyimpan ptensi yang sangat besar untuk berbisnis kuliner di Indonesia.

Oleh karena itu, impor kentang goreng Belgia meningkat di Indonesia. Menurut Cools, Indonesia merupakan tujuan ekspor ketiga terbesar bagi belgia untuk produk kentang goreng beku di wilayah Asia Tenggara. Pertumbuhan impornya mencapai 139% di periode 2018/2019 dari tahun ke tahun. "Kami percaya makanan khas Belgia kebanggan kami, kentang goreng, akan memenangkan lebih banyak hati pencinta makanan di Indonesia," tambahnya.

Baca Juga:

Namanya French Fries, tapi Asalnya dari Belgia

kentang
Romain Cools, President & CEO of World Potato Congress (WPC) Inc. (Foto: ist)

Dalam hanya beberapa dekade, industri pengolahan kentang Belgia telah berkembang menjadi eksportir terbesar produk kentang siap saji. Tercatat dari tahun terakhir, terdapat 5 juta ton kentang yang diolah.

Ada lima supplier kentang goreng terbesar, yaitu Agristo, Bart's Potato Company, Clarebout Potatoes, Ecofrost, dan Mydibel. Kelima perusahaan kentang keluarga tersebut telah mengirim produk kentang mereka ke lebih dari 100 negara di dunia. Produk kentangnya juga sudah memproleh sertifikat halal. Mereka juga berpartisipasi dalam festival makanan berskala internasional bertajuk Sial Interfood 2019 yang dihelat di Jakarta International Expo, Kemayoran pada beberapa waktu lalu.

Sekadar informasi frietkot atau budaya kedai kentang goreng diakui sebagai kekayaan budaya takbenda. Pangeran kerajaan Belgia, Prince Laurent menunjuk Mr. James Bint sebagai duta besar kentang goreng Belgia. Ia merupakan seorang figur yang digambarkan sebagai seorang yang memiliki lisensi untuk menggoreng kentang.

Bagaimana sahabat Merah Putih, apakah kamu pernah mencicipi kentang goreng Belgia? (ikh)

Baca Juga:

5 Camilan yang Bikin Nonton di Bioskop Makin Seru

Kredit : digdo


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH