Eksplor Candi Prambanan di Era New Normal Candi Prambanan mulai dipadati kembali oleh para wisatawan (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

CANDI Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara yang terdiri dari 3 candi utama (Siwa, Wisnu dan Brahma), 3 candi wahana (Nandi, Garuda, dan Angsa), 2 candi apit, 4 candi kelir, 4 candi patok serta dikelilingi 224 candi perwara.

Kompleks candi tersebut dibangun pada abad ke-9 Masehi dan telah tercatat dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada 1991. Relief-relief yang terdapat di Candi Prambanan mengisahkan epos kuno dari India, yakni Ramayanan dan Kresnayana.

Baca Juga:

Jelajah Lereng Merapi dengan Jeep Bersama Travel Trip

Sebagai Situs Warisan Dunia, Candi Prambanan mewakili sebuah mahakarya manusia yang jenius dan kreatif, serta contoh bangunan, arsitektur, lanskap, serta teknologi yang menggambarkan satu tahap yang sangat penting dalam sejarah Indonesia.

Wisatawan yang memasuki area candi wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Bicara soal Candi Prambanan, penyedia layanan wisata Travel Trip baru-baru ini menggelar trip ke Jogja, Merapi, dan Klaten. Salah satu spot utama yang dikunjungi dari tiga wilayah tersebut ialah Candi Prambanan. Karena, Candi Prambanan merupakan salah satu wisata yang cukup favorit di Yogjakarta.

"Karena Candi prambanan merupakan salah satu wisata ikonik di Jogja, akhirnya kami memilih tujuan Wisata Candi Prambanan pada trip Jogja, Merapi, Klaten ini. Perlu diingat, kami mengadakan acara ini dengan protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, handsanitizer, jaga jarak dan selalu mencuci tangan" tutur Rayyen, Owner dari Travel Trip saat ditemui merahputih.com, Sabtu (16/8).

Lebih lanjut Rayyen menambahkan tentang tujuannya memilih wisata di Jogja pada trip kali ini. Salah satunya yakni memajukan pariwisata Indonesia.

"Tujuannya ialah membuka wisata ke jogja, menghimbau bagi para wisatawan bahwa kota jogja sudah bisa dikunjungi dengan protokol kesahatan, kami berharap pariwisata di Jogja bisa kembali normal seeperti sebelum pandemi" jelas Rayyen.

Ketika para peserta Travel Trip dan tim merahputih.com sampai di Candi Prambanan, saat ini kondisinya tak seperti sebelum pandemi. Karena ada beberapa protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Baca Juga:

Berburu Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Bersama Travel Trip

Ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Sebelum memasuki area pembelian tiket, ada beberapa hal yang harus dipatuhi. Yaitu menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan, dan jaga jarak minimal 1 meter. Setelah mencuci tangan, akan ada pengecekan suhu tubuh oleh para petugas pengelola Candi Prambanan.

"Disini kita melakukan pengecekan suhu tubuh, maksimal 37,3 derajat celcius, bila diatas itu tidak diizikan masuk. Lalu bagi wisatawan yang suhu tubuh sudah di cek dibawah 37,3 derajat, akan ditempelkan sticker penanda suhu tubuh aman" ujar petugas yang berjaga di loaksi terdepan pengecekan suhu tubuh Candi Prambanan.

Setelah para wisatawan lolos dari pengecekan suhu tubuh, para wisatawan wajib melalui antiseptik chamber, selanjutnya barulah bisa masuk ke gerbang pembelian tiket untuk memasuki ke area Candi.

Saat memasuki area Candi, ada banyak sekali papan pengumuman tentang protol kesehatan dan tempat-tempat untuk mencuci tangan. Menariknya, setiap spot mencuci tangan pun dijelaskan tata cara lengkap tentang mencuci tangan yang benar dengan sabun.

Ketika telah sampai di area Candi Prambanan, belum lengkap rasanya jika tak mengabadikan lewat kamera alias berfoto. Apalagi, di kawasan Candi banyak sekali spot-spot foto yang menarik di setiap sudut candi.

Yakni Spot Riyadi, Spot Candi Nandi, Spot Bu Ani, Spot Reruntuhan Candi Perwara, Spot Syiwa Mandala dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya spot instagramble di Candi Prambanan, tentunya akan membuat feed instagram kamu lebih keren dengan latar belakang Candi Prambanan yang ikonik.

Banyak Spot Instagramable yang ada di Candi Prambanan (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Nah, karena sudah adanya berbagai protokol kesehatan yang lengkap di Candi Prambanan, para wisatawan tak perlu khawatir. Yuk traveler kita sama-sama membangkitkan kembali pariwisata Indonesia yang sempat redup akibat pandemi COVID-19.

Untuk kamu yang ingin melakukan trip ke jogja-merapi-klaten dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap, kamu bisa memesan layanan wisata di instagram @Traveltrip_ID. (Ryn)

Baca Juga:

Dekat dengan Hewan di Farm House Lembang Bersama Travel Trip

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH