Eksekutor Penembak Mati Italia Dikenal Licin

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 10 Juli 2017
Eksekutor Penembak Mati Italia Dikenal Licin
Petugas menunjukan barang bukti senjata api rakitan dan senjata tajam yang diamankan dari tersangka Saiful (25), eksekutor Italia. (Foto ANTARA/Ardiansyah)

Polisi akhirnya berhasil menghentikan pelarian Saiful (25), eksekutor kasus curanmor berujung kematian korban Italia Chandra Kirana Putri (23). Namun, petugas terpaksa mengambil tindakan tegas karena Saiful berupaya melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Dir Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Rudi Heryanto Adi Nugroho menyatakan Saiful, yang merupakan DPO Polda Banten, dikenal licin dan beberapa kali kabur saat ditangkap.

"Dia ini sangat licin. Dua kali kabur. Makanya selain residivis, dia juga berstatus DPO Polda Banten. Januari 2017 kabur saat pelimpahan dari Polsek ke Polres. Bisa ditangkap. Lalu kabur lagi pada April 2017 saat hendak menjalani sidang di pengadilan. Juni lalu beraksi lagi dengan korban Italia yang tewas ditembak," katanya dalam ekspose penindakan kasus tersebut di RS Bhayangkara Polda Lampung, Minggu (9/7).

Setelah satu bulan buron polisi akhirnya menemukan keberadaan Saiful di Lematang, Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Tim gabungan yang dipimpin Kepala Subdirektorat Pencurian Kendaraan Bermotor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Pol Aries Supriyoni dan AKBP Antonius Agus meringkus pelaku di Jalan Panjang Lampung Selatan tadi siang sekira pukul 14.00 WIB. Saat akan ditangkap Saiful berupaya melakukan perlawanan sehingga petugas melepaskan tembakan yang menewaskan pelaku.

"Siang tadi diringkus dan diberi tindakan tegas terukur karena melakukan perlawanan," kata Rudi.

"Karena membahayakan anggota, terpaksa warga Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur itu diberi tindakan tegas," sambung Rudi.

Tersangka Saiful, merupakan satu dari dua pelaku curanmor yang terjadi pada 12 Juni 2017 pukul 13.40 WIB di Jalan Gunung Raung Perum Bugel Indah Kecamatan Karawaci Tangerang Kota. Tersangka langsung menembak korban saat ketahuan hendak maling motor di rumah korban. Korban meninggal dunia akibat luka tembak.

Baca juga terkait curanmor di Tangerang dengan korban tewas Italia di: Penembak Italia Tewas dalam Tembak Menembak di Lampung Selatan

Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan