Eksekusi Baiq Nuril Ditunda Baiq Nuril Maknun di dalam ruang tahanan Pengadilan Negeri Mataram, NTB. (Courtesy: Tim kuasa hukum)

MerahPutih.com - Kejaksaan Agung memutuskan untuk menunda eksekusi mantan pegawai honorer SMAN 7 Mataram, Baiq Nuril. Alasan penundaan karena Kejagung karena masih melihat perkembangan kasus ini di masyarakat.

"Kami tunda eksekusi karena banyak pertimbangan terkait keadilan yang berkembang di masyarakat," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Mukri di Jakarta, Senin (19/11)

Baiq Nuril menunggu sidang (Foto:Antara)

Lebih lanjut, Mukri mengatakan bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada Baiq Nuril untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Baiq direncanakan akan mengajukan PK terkait hukuman enam bulan penjara dalam putusan kasasi perkara hukumnya.

Pengacara Baiq Nuril, Joko Jumadi sudah melayangkan surat penundaan eksekusi sebelum Kejagung memutuskan untuk menangguhkan status Baiq Nuril. engacara Baiq Nuril, Joko Jumadi mengatakan, surat itu sudah dilayangkan sejak Sabtu (17/11).

"Seharusnya hari ini sudah sampai suratnya," kata Joko.

Terkait PK Baiq, Mukri berujar bahwa hal itu terganjal dengan belum diterimanya salinan putusan kasasi. PK akan segera diajukan setelah salinan putusan kasasi diterima.

Baiq Nuril menunggu sidang (Foto:Antara/Ahmad Subaidi)

Baiq Nuril didakwa melanggar UU ITE karena lantaran menyebarkan percakapan cabulnya yang melibatkan mantan kepala sekolah SMAN 7 Mataram, Muslim.

Akibatnya, Baiq Nuril divonis bersalah dan dihukum enam bulan penjara serta denda sebesar Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Baiq Nuril sudah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait vonis tersebut. (*)

Baca juga: Jokowi Tunggu Permohonan Grasi Baiq Nuril Bila PK Kandas


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH