Eks Tim Mawar Dalang 22 Mei? Wiranto: Nanti Saya Buka Seterang-terangnya Menko Polhukam Wiranto di Jakarta (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Menkopolhukam Wiranto memastikan akan mengungkap detail tokoh-tokoh yang sudah ditangkap sekaligus mereka yang diduga terlibat dalam aksi kerusuhan sejumlah titik di Jakarta pada 22 Mei lalu

"Jadi bukan informasi lagi, tapi berita acara pemeriksaannya. tadi saya minta langsung dijelaskan ke wartawan belum lengkap. Jangan kuatir, kita akan jelaskan ke publik supaya tidak ada kesimpangsiuran," kata Wiranto kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/6).

BACA JUGA: Wiranto Buka-bukaan BAP Kerusuhan 22 Mei ke Publik

Termasuk ketika ditanya soal dugaan anggota mantan anggota tim mawar di era Prabowo Subianto sebagai dalang kerusuhan, Wiranto menjawab, "Nanti akan dijelaskan tim seperti itu."

kerusuhan 22 mei
Menjelang malam massa aksi 22 Mei mulai melakukan pembakaran di beberapa titik di jalan MH. Thamrin, Jakarta, Kamis, (22/5/2019). Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Menurut Wiranto, apapun hasil dari proses penyelidikan dan penyidikan nantinya tidak akan ada yang ditutup-tutupi. Menkopolhukam sudah memerintahkan kepolisian untuk membukanya nanti sejelas-jelasnya ke publik sampai sedetil-detilnya.

"Agar spekulasi yang saat ini terus berkembang di masyarakat mengenai berbagai permasalahan hukum yang terus sedang berproses, terutama dengan adanya penangkapan para tokoh-tokoh utama ini segera dapat kita netralisir," beber Wiranto.

BACA JUGA:

Disuruh Bunuh Tokoh Nasional Pada Kerusuhan 22 Mei, Pelaku HK Dapat Uang Rp150 Juta

Hubungan Kivlan Zen dan 'Pembunuh Bayaran'

Untuk diketahui, Majalah Tempo edisi Senin (10/6) menurunkan artikel yang menyebutkan dugaan Fauka Noor Farid, mantan anggota Tim Mawar yang kini merupakan politikus Gerindra terlibat dalam kerusuhan 22 Mei.

mei
ericuhan massa Aksi 22 Mei di jalan MH. Thamrin di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU), Jakarta, Kamis, (22/5/2019). MP/Rizki Fitriyanto

Berdasarkan artikel itu, Tempo menyatakan ada transkrip percakapan yang diperoleh mengungkap Fauka beberapa kali berkomunikasi dengan Ketua Umum Baladhika Indonesia Jaya Jaya Dahlia Zein tentang kerusuhan yang pecah di kawasan Bawaslu. Keduanya diduga berada di kawasan Sarinah saat bentrokan terjadi.

Bahkan, dua sumber yang diwawancara majalah itu bercerita Fauka ikut merancang demonstrasi di Bawaslu beberapa pekan sebelumnya. Menurut sumber ini, telah terjadi beberapa kali pertemuan membahas rencana demo bertempat di kantor BPN di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, serta hotel di dekat Masjid Cut Meutia, Menteng. (Knu)

BACA JUGA: Eks Tim Mawar Diduga Dalang Kerusuhan 22 Mei, Ini Jawaban Kubu Prabowo



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH