Eks Legislator PDIP Bantah Anak Megawati Terlibat Kasus Impor Bawang Suasana sidang tipikor dengan terdakwa Nyoman Dhamantra di Pengadilan Tipikor, Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Mantan anggota DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) I Nyoman Dhamantra menegaskan, putra Megawati Soekarnoputri, Mohammad Rizki Pratama atau yang karib disapa Tatam tak terlibat kasus suap impor bawang putih yang menjeratnya.

"Enggak ada urusannya sama mas Tatam, enggak ada kaitannya. Saya mengenal beliau karena kebetulan beliau putra dari Ketua Umum saya saja (Megawati Soekarnoputri)," kata Nyoman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (31/12).

Sebelumnya Putra Presiden RI ke-5 RI itu disebut dalam sidang perkara suap pengurusan impor bawang putih. Hal itu mencuat saat Nyoman bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, pada Kamis (28/11) lalu.

Baca Juga:

KPK Sita Mobil Mewah Milik Tangan Kanan Politisi PDIP Nyoman Dhamantra

Jaksa KPK menghadirkan Nyoman sebagai sakai untuk terdakwa Direktur PT Cahaya Sakti Agro (CSA) Chandry Suanda alias Afung, Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Doddy Wahyudi dan Wiraswasta Zulfikar.

Soal penyebutan anak Megawati itu berawal ketika Jaksa KPK mengonfirmasi Nyoman Dhamantra. Saat dikonfirmasi, Nyoman menyebut nama anak Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sebagai Pak Tatam.

"Kenal (dengan Tatam)," ucap Nyoman.

Nama Tatam diduga merujuk pada Mohammad Rizki Pratama. Selain Mohammad Rizki Pratama, Megawati dikarunia putra bernama Mohammad Prananda Prabowo dari buah perkawinannya dengan almarhum Surindro Supjarso.

Nyoman Dhamantra sebut nama anak Megawati dalam kasus suap bawang putih
I Nyoman Dhamantra telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap impor bawang putih (Foto: Ist)

Surindro yang merupakan pilot pesawat AURI dan perwira pertama pada TNI AU Republik Indonesia wafat lantaran kecelakaan pesawat di perairan pulau Biak, Irian Jaya, pada tanggal 22 Januari 1970. Pada tahun 1973, Megawati menikah dengan Mohamad Taufiq Kiemas. Dari pernikahan dengan rekannya sesama aktivis di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu lahirlah Puan Maharani.
"(Tatam) Putranya Bu Mega," kata Nyoman.

Meski demikian, sosok Tatam ini tak digali lebih jauh dalam persidangan. Pun termasuk kaitannya dengan suap impor bawang putih yang menyeret mantan politikus PDIP asal Bali itu.

Baca Juga:

KPK Perpanjang Masa Penahanan Legislator PDIP I Nyoman Dhamantra

Nyoman membantah jika Tatam terlibat dalam kasus yang menjeratnya. Dia pun tak mengetahui kenapa saat itu Jaksa KPK mengonfirmasi Tatam kepada dirinya dalam kasua impor bawang putih.

"Saya juga enggak paham kenapa ada dugaan seperti itu, karena menurut saya ya tanyakan sama jaksanya saja," pungkas Nyoman. (Pon)

Kredit : ponco


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH