Eks Ketua WP KPK Jadi Influencer Antikorupsi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 19 Oktober 2021
Eks Ketua WP KPK Jadi Influencer Antikorupsi
Eks Ketua WP KPK Yudi Purnomo. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Mantan Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo saat ini mengisi aktivitas dengan menjadi pembicara antikorupsi di berbagai media massa hingga kanal Youtube.

Yudi merupakan satu dari 57 pegawai KPK yang dipecat oleh Firli Bahuri cs lantaran dinilai tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Sepertinya saat ini jadi influencer antikorupsi jadi jalan hidup saya setelah enggak jadi penyidik KPK," kata Yudi dalam cuitan pada akun media sosial Twitter miliknya @yudiharahap46, dikutip Selasa (18/10).

Baca Juga:

KPK Gelar OTT di Riau

Yudi mengaku ingin berbagi ilmu kepada masyarakat berbekal pengalaman dirinya yang telah mengabdi selama 14 tahun di KPK. Pengalaman itu meliputi teknik investigasi, penanaman integritas, hingga intelijen.

"Sumbangsih apa bagi negeri yang bisa saya berikan untuk negeri sebagai influencer? Pengalaman sebagai pegawai, penyidik dan Ketua WP KPK, ilmu yang saya punya mulai dari hukum tindak pidana korupsi, investigasi, intelijen hingga penanaman nilai-nilai integritas dan keberanian," beber Yudi.

Eks Ketua WP KPK, Yudi Purnomo Harahap (MP/Ponco Sulaksono)
Eks Ketua WP KPK, Yudi Purnomo Harahap (MP/Ponco Sulaksono)

Masing-masing mantan pegawai KPK juga sudah memilih jalan hidupnya masing-masing setelah tidak lagi bertugas di lembaga antirasuah.

Menurut Yudi, wadah penyalur menjadi influencer antikorupsi adalah melalui media sosial Instagram maupun kanal Youtube.

"Untuk sarananya, salah satu konsep saya ngisi podcast, Instagram atau chanel Youtube milik orang/media massa serta mengisi acara webinar, seminar/pelatihan agar semakin banyak orang terlibat aktif untuk mau menyuarakan antikorupsi dan mempengaruhi lingkungannya untuk tidak korup," ujarnya.

Baca Juga:

Azis Syamsuddin Minta Rita Widyasari Tak Seret Namanya Saat Diperiksa KPK

Ia lantas memberikan contoh, youtuber dan gamer bisa menampilkan nilai-nilai antikorupsi ketika membahas tentang game online. Seperti nilai kejujuran untuk tidak berlaku curang atau nilai-nilai lainnya berupa disiplin waktu dan tanggung jawab belajar serta sekolah demi masa depan.

"Youtuber atau selebgram, sebagai tanggung jawab moral bagi negeri, bisa kok mereka dalam pembuatan konten mengajarkan nilai antikorupsi misal, tentang kejujuran, keadilan atau adanya himbauan jangan korupsi pada pejabat karena bisa berdampak pada kesengsaraan rakyat," kata Yudi. (Pon)

Baca Juga:

KPK Periksa Bekas Walkot Tanjungbalai Terkait Kasus Azis Syamsuddin

#KPK #Influencer
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan