Eks Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istri Terkonfirmasi Positif COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 06 Juli 2021
Eks Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istri Terkonfirmasi Positif COVID-19
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo atau Foke bersama sang istri Sri Hartati Bowo dikonfirmasi positif COVID-19, setelah melakukan tes swab PCR bersama pada 1 Juli lalu.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya telah melakukan pendampingan kesehatan kepada keluarga Fauzi Bowo agar dapat menjalani perawatan intensif.

Diuntungkan, kata Widyastuti, keduanya telah mendapatkan vaksinasi dua dosis di Berlin, Jerman dengan vaksin COVID-19 jenis Pfizer.

Baca Juga:

1,3 Persen Remaja di DKI Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

"Tim ajudan beliau, tim pendamping beliau, selama ini sudah tervaksin sebanyak dua dosis juga memakai vaksin yang ada di Indonesia," terang Widyastuti, di kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Selasa (6/7).

Widyastuti menerangkan, pihaknya turut memastikan seluruh keluarga yang mendampingi Fauzi Bowo sudah tervaksinasi.

Ia pun menjelaskan, Fauzi Bowo sempat mendapatkan pengobatan intensif dan menjalani cek laboratorium di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

"Kemudian, keluarga beliau berkoordinasi dengan kami, dan kami memberikan pendampingan untuk sementara perawatan di rumah, karena kondisi beliau yang cukup dilakukan perawatan di rumah (saja)," imbuh Widyastuti.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan pernyataan di Balai Kota Jakarta, Sabtu (12/9/2020). (Antara/Ricky Prayoga)
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan pernyataan di Balai Kota Jakarta, Sabtu (12/9/2020). (Antara/Ricky Prayoga)

Lebih lanjut, Widyastuti menuturkan, dalam pendampingan keluarga Fauzi Bowo, jajaran Dinas Kesehatan memberikan sejumlah treatment. Salah satunya, dengan mengunjungi kediaman untuk memberikan berbagai obat yang dibutuhkan melalui persetujuan dokter.

"Ada dokter umum dan perawat yang melakukan kunjungan ke rumah dan mendampingi beliau di sana. Kemudian, untuk tim konsultasi, kita siapkan tim dokter dari RSUD Tarakan, yang juga melakukan konsultasi kepada beliau beserta keluarga. Jadi, prinsipnya, kami memberikan pendampingan. Kami juga sudah mengantisipasi jika dibutuhkan perawatan lebih lanjut," jelas Widyastuti.

Baca Juga:

Obat COVID-19 Langka dan Mahal, Polisi Pantau Lokasi Pusat Penjualan

Terkait gelaja yang dialami Fauzi Bowo saat terpapar COVID-19, Widyastuti mengatakan, mantan Dubes RI untuk Jerman periode 2013-2018 ini dalam kondisi yang stabil.

"Sejauh ini, hasil pantauan dari dokter bahwa beliau dalam kondisi yang stabil. Di samping itu, beliau relatif tidak banyak berhubungan dengan pihak luar. Beliau sementara berkenan melakukan isolasi di rumah secara mandiri" pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Nomor Telepon Layanan COVID-19 di Kota Bandung, Termasuk Hotline Puskesmas

#COVID-19 #Fauzi Bowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan