Eks Caleg DPR Perindo Siap Dampingi Gibran di Pilwakot Solo Lewat Jalur Independen Henry Indraguna meyatakan kesiapannya maju di Pilwakot Solo 2020 melalui halur independen untuk mendampingi Gibran di KPU Solo, Jawa Tengah, Junat (11/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Eks caleg DPR Perindo yang maju di Dapil V Jawa Tengah, Henry Indraguna meyatakan kesiapannya maju di Pilwakot Solo 2020 melalui jalur independen.

Keseriusan maju jalur independen tersebut dibuktikan dengan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo untuk mengambil formulir syarat dukungan mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP).

Baca Juga:

Eks Relawan Prabowo-Sandi Yakin Gibran Maju Pilwalkot Karena Dorongan Jokowi

"Saya bulat ingin maju di Pilwakot Solo lewat jalur independen meskipun saya pernah maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil V Jawa Tengah pada Pemilu tanggal 17 April lalu dari Perindo," ujar Henry saat ditemui di kantor KPU Solo, Jumat (11/10).

Eks Caleg Perindo daftarkan diri dalam Pilwalkot Solo lewat jalur independen
Henry Indraguna meyatakan mengambil formulir syarat dulungan independen di KPU Solo, Jawa Tengah, Junat (11/10). (MP/Ismail)

Pengacara dari Jakarta ini mengaku siap mendampingi putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju bersama-sama lewat jalur perseorangan di Pilwakot Solo. Ia pun siap menjadi cawali atau cawawali asalkan maju bersama Gibran.

"Solo sudah saatnya dipimpin sosok muda visione, kreatif dan pintar. Kota Solo sudah waktunya berubah, serta harus ada regenerasi. Saya akan meneruskan perjuang membangun Kota Solo menjadi kota metropolitan yang berbudaya," katanya.

Ia mengaku telah mundur sebagai pengurus Parindo per tanggal 8 Oktober. Alasan mundur karena ingin menjadi petugas rakyat bukan lagi petugas partai. Keiginan maju di Pilwakot ingin mengubah Solo menjadi kota metropolitan dengan mendatangkan banyak investor, sehingga masyarakat Solo bisa meningkat ekonominya dan sejahtera.

"Saya gagal di Pileg 2019. Namun, tidak menyurutkan saya tetap berjuang mengabdi pada masyarakat," kata dia.

Ia berjaji akan memanfaatkan waktu panjang ini untuk mengumpulkan KTP dengan jumlah yang telah ditentukan KPU Solo. Formulir syarat dukungan akan dipelajari dulu setelah itu bergerak mengumpulkan KTP.

Henry menyatakan siap mendampingi Gibran Rakabuming Raka dalam Pilwalkot Solo 2020
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka membuat KTA PDIP untuk maju di Pilwakot Solo, Senin (23/9) (MP/Ismail)

"Tim sukses saya segera melakukan konsolidasi dengan pihak Gibran. Kita maju bersama-sama dengan jalur independen. Kalau Gibran mau bergabung kita fasilitasi, kalau tidak saya cari pendamping sendiri," kata dia.

Baca Juga:

Waketum Gerindra Dukung Dua Putra Jokowi Maju sebagai Calon Wali Kota Solo

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengungkapkan pendaftaran calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawali) di Pilwakot Solo jalur independa baru dibuka pada tanggal 11 Desember mendatang.

"Kita belum buka pendaftaran. Kalau mau konsulasi silahkan. Sesuai aturan KPU RI syarat dukungan KTP diberikan pada tanggal 11 Desember sampai tanggal 5 Maret 2020," kata dia.

Nurul menambahkan sesuai atura KPU bagi siapapun yang maju lewat jalur independen harus menyerahkan sebanyak 35.870 KTP sebagai syarat bukti dukungan. Jumlah tersebut merupakan syarat 8,5 persen jika dihitung dari daftar pemilih tetap (DPT) Solo pada Pemilu 2019, yaitu 421.999 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Puan Maharani Restui Gibran Nyalon Wali Kota Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH