Eks Atlet Nasional Juarai Kartini Run 2018

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 22 April 2018
Eks Atlet Nasional Juarai Kartini Run 2018
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise (kanan) mele

Merahputih.com - Yayasan Kemala Bhayangkari bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase KK), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta Mesa Race sebagai penyelenggara lomba atau race organizer menggelar lomba Kartini Run 2018 di Monumen Nasonal (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (22/4). Lomba tersebut digelar dalam rangka memperingati hari Kartini.

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam Kartini Run 2018, yakni jarak lima kilometer, 10 kilometer, dan dua kilometer untuk penyandang disabilitas, kategori tersebut masih dibagi berdasarkan usia.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan lomba lari 'Kartini Run 2018' diselenggarakan di silang Monas.

"Diikuti sekitar 7200 pelari. Ada pelari untuk 5 km, untuk 10 km dan kelompok difabel juga ada," ujar Setyo di lokasi, Minggu (22/4).

Pelari beradu kecepatan saat mengikuti Kartini Run 2018 di kawasan silang Monas, Jakarta, Minggu (22/4). Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Selain perlombaan lari yang dibagi menjadi tiga kategori, acara ini juga diagendakan untuk acara bakti sosial terhadap masyarakat yang ingin mengecek kesehatannya. Ada pula mamografi, pemeriksaan donor darah, pemeriksaan kesehatan lain, ada juga bazar dalam rangka memperingati hari kartini.Untuk peserta yang ikut dalam acara ini adalah perwakilan daripada Polda-Polda diseluruh Indonesia.

"Peserta dari seluruh Indonesia masing-masing perwakilan Polda. Ada pakaian Papua. Aceh, pakaian Kaltim, perwakilan dari masing-masing Polda," ungkapnya.

Satu diantara kategori lari dengan usia 40 tahun ke atas (Master) dimenangi oleh Helda Napitupulu (47) yang juga sebagai mantan atlet nasional.

Helda sendiri pun mengaku sengaja datang dari Cilegon, Banten untuk mengikuti lomba Kartini Run 2018 di Monas.

Helda yang menjuarai kategori lari 10 kilometer dan meraih gelar master saat ditanya pengalamannya mengikuti lomba ini mengatakan tidak banyak mengalami kesulitan berarti karena masih rutin berlari.

"Karena sudah biasa lari jadi enggak masalah, kalau kita enggak rutin lari pasti susah. Tapi kalau rutin nafasnya jadi teratur," kata Helda di lokasi.

Meski tidak mengalami kesulitan berarti, ia merasa bangga dapat menjadi juara satu dan mengalahkan pelari-pelari lain.

Helda Napitupulu pemenang Kartini Run 10K (MP/Asropih)

"Kita memuji besarnya hadiah yang diberikan untuk kategori Master, yakni sebesar Rp 15 juta, biasanya hadiah untuk kategori Master hanya sebesar Rp 5 juta," ungkapnya.

Diketahui, dalam perlombaan yang digelar khususnya untuk kaum wanita ini juga disediakan hadiah bagi siapa saja yang dapat memenangkan lomba ini. Disamping itu juga cara ini menyediakan hadiah khusus atribut daerah terbaik.

Adapun hadiah yang tersedia adalah 5 unit sepeda motor, 45 unit sepeda MTB, 10 unit handphone, 100 voucher belanja senilai Rp 250 ribu serta 10 tiket pesawat pulang pergi kemana pun untuk tujuan domestik. (Asp)

#R.A Kartini #Iriana Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan