Eks Anggota Komnas HAM: Isu Pelanggaran HAM Tak Pernah Muncul Saat Prabowo Duet dengan Megawati Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Siane Indriani (dua kiri) (Foto: pssi.org)

MerahPutih.com - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Siane Indriani menyatakan isu pelanggaran HAM yang dituduhkan kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat kerusuhan 98 silam sengaja diciptakan oleh lawan politiknya. Siane menjelaskan, isu HAM hanya muncul pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 saja.

"Pada saat 2009 ketika Pak Prabowo berdampingan dengan Ibu Mega, ini tidak pernah muncul. Tidak muncul namanya tuduhan atau mungkin ya sindiran-sindiran kepada Pak Prabowo," kata Siane usai nonton bareng debat capres 2014 di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Sabtu (12/1).

Mantan Anggota Komnas HAM periode 2012-2017 ini curiga, isu HAM muncul hanya untuk menyerang Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Oleh karena itu, untuk debat nanti, Prabowo-Sandi menurutnya hanya perlu menajamkan kembali yang sudah Prabowo lakukan pada debat Pilpres 2014.

Mantan Komisioner Komnas HAM Siane Indriani (MP/Ponco Sulaksono)

Dia meyakini, debat Pilpres 2019 sama persis dengan debat Pilpres 2014. Prabowo hanya perlu mengulang saja yang disampaikan lima tahun lalu. Sehingga tidak akan menjadi beban saat debat yang digelar pada 17 Januari 2019.

"Tadi ada tema yang disebut tema HAM tapi tidak masuk, kali ini secara eksplisit tema HAM menjadi pilihan yang paling penting dan kedua terorisme. Jadi ini sepertinya ada semacam penajaman dari debat dibandingkan debat tahun 2014," bebernya.

Siane menambahkan, jika dilihat dari tahun ke tahun isu HAM itu selalu ditujukan kepada Prabowo. Jadi bisa dipastikan, lawan politik Prabowo memang sengaja mengada-ada isu tersebut, untuk mengalihkan isu sesungguhnya capres petahana yang tidak bisa menepati janji kampanyenya.

"Sehingga itu hanya muncul sebetulnya ketika menjelang Pilpres," imbuhnya. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH