Lingkungan Hidup
Ekonomi Sirkular sebagai Solusi Banjir Sampah Plastik di Indonesia Masalah sampah plastik bukan tanpa solusi. (Foto: Unsplash/Brian Yurasits)

SALAH satu penyebab utama krisis iklim adalah sampah plastik. Dari proses produksi hingga pembuangan dan pengelolaannya, sampah plastik menghasilkan banyak gas rumah kaca yang dibuang ke atmosfer. Hal ini menimbulkan ruasaknya lapisan ozon pelindung bumi.

Krisis iklim diperburuk dengan kerusakan lingkungan akibat tingginya limbah industri. Di sisi lain, aktivitas industri membuat produksi sampah plastik terus meningkat.

Baca Juga:

Jagoan Ubah Sampah Plastik Jadi Karya Bernilai Ekonomi

plastik
Saturday Lesson ITB membawa tema Role of Industry to Establish Circular Economy. (Foto: ITB)

Menurut data statistik pada 2020, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 67,8 juta ton atau terdapat 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia.

Masalah sampah plastik bukan tanpa solusi. Satu di antaranya adalah dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Indonesia sendiri kini dikenal sebagai salah satu negara kontributor sampah terbesar ketiga di dunia dan kedua pada laut dengan jutaan ton sampah setiap harinya. Tentunya hal ini membuat kerusakan untuk lingkungan hidup, biota, alam dan ekosistem dan juga akhirnya menjadi ancaman yang harus dihadapi dan diatasi oleh setiap pihak di Indonesia,” terang Senior Brand Manager & Sustainability Champion P&G Indonesia, Ariandes Veddytarro, dalam acara Saturday Lesson ITB.

Acara Saturday Lesson ITB merupakan bagian dari ITB Career Center. Acara kali ini membawa tema Role of Industry to Establish Circular Economy. Salah satu tindakan yang paling penting untuk mengatasi permasalahan ini selain edukasi tentang membuang sampah pada tempatnya adalah melakukan edukasi terkait pengolahan sampah yang baik.

“Salah satu pihak yang dapat memberi dampak besar untuk program ini adalah sektor industri. Maka dari itu, P&G ikut terjun untuk memberi sumbangsih besar,” tambah Ariandes.

Pada acara yang sama, aktor dan Co-Founder Octopus Indonesia, Hamish Daud, mengatakan hal paling realistis untuk menyelesaikan permasalahan terkait sampah dengan optimal adalah melalui kolaborasi berbagai pihak dan sektor

Untuk itu, Octopus hadir sebagai startup yang berfokus pada pengelolaan sampah plastik. Salah satu langkah besar yang dilakukan Octopus Indonesia untuk merealisasikan lingkungan hidup yang bebas sampah dan sustainable adalah berkolaborasi dengan P&G Indonesia dengan nama proyek Conscious Living.

Conscious Living melibatkan pengepul atau bank sampah, pelestari, pusat pengumpulan dan pemilahan sampah, industri daur ulang, dan konsumen.

Baca Juga:

Prada x Adidas Segera Rilis Koleksi dari Sampah Plastik Daur Ulang

hamish
Hamish Daud yang sangat peduli lingkungan. (Foto: istimewa)

Berbagai usaha ini juga dilakukan untuk mewujudkan dan membangun ekonomi sirkular. Ekonomi sirkular adalah sebuah alternatif untuk ekonomi linier tradisional di mana pelaku ekonomi menjaga agar sumber daya dapat dipakai selama mungkin, menggali nilai maksimum dari penggunaan, kemudian memulihkan dan meregenerasi produk dan bahan pada setiap akhir umur layanan.

“Octopus berusaha untuk turut membangun ekonomi sirkular dengan cara membuat dan memanfaatkan setiap tahap dalam pengumpulan dan pembuatan kemasan agar tidak ada material yang terbuang dan juga menghasilkan hasil yang optimal,” terang Hamish Daud.

Cara bergabung dengan gerakan ini sangat mudah tapi dapat menciptakan banyak manfaat. Salah satu cara berkontribusinya adalah mendaftar di aplikasi Octopus untuk menyumbangkan sampah plastik yang nantinya akan dipilah.

Lalu, pihak pelestari langsung akan datang ke tempat pemberi untuk mengambilnya dan dikirim ke Octopus untuk ditimbang, dipilah, dan akan dikirimkan lagi ke tempat pendauran ulang. Bukan hanya itu, penyumbang sampah akan mendapatkan poin dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Bukan hanya itu, gerakan ini juga menjadi sistem untuk membantu kehidupan para pemulung. “Hal pertama yang dilakukan adalah perubahan penyebutan nama pemulung menjadi pelestari. Selain itu, para pelestari akan dilatih dan diberi seragam. Hal ini akan membantu pelestari yang tadinya sulit untuk masuk ke beberapa kawasan seperti perumahan untuk mengambil sampah menjadi memiliki akses untuk hal tersebut. Tentunya, pelestari juga dapat semakin sejahtera dengan mendapatkan pendapatan yang lebih baik serta dapat diterima lebih baik di society,” tutur Hamish Daud.

Hingga saat ini, program Conscious Living dari P&G dan Octopus Indonesia telah memberikan sumbangsih konkret yang besar.

“Sampai saat ini, sudah dilakukan pendauran ulang 15 Ton sampah. 13,5 Ton sampah HDPE diolah menjadi plastik yang bernilai serta 1,5 ton sampah saset menjadi sumber energi terbarukan sebesar 3000 kcal. Bahkan, program ini juga turut melibatkan 16700 pelestari,” ungkap Ariandes. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Kenali 7 Arti Logo Daur Ulang Plastik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
HBO Max Unggah Foto Reuni Harry Potter
Fun
HBO Max Unggah Foto Reuni Harry Potter

Reuni Harry Potter akan dibalut dalam sebuah tayangan.

Lagi, BTS Masuk Nominasi GRAMMY Awards 2022
Fun
Lagi, BTS Masuk Nominasi GRAMMY Awards 2022

Apakah kali ini BTS akan membawa pulang piala Grammy?

Song Hye Kyo Ungkap Kegugupannya untuk Drama Terbarunya 'The Glory'
ShowBiz
Song Hye Kyo Ungkap Kegugupannya untuk Drama Terbarunya 'The Glory'

The Glory menceritakan kisah pembalasan dendam yang menyedihkan

Museum MACAN Ajak Anak-Anak Eksplorasi dengan Cara Sederhana
Fun
Museum MACAN Ajak Anak-Anak Eksplorasi dengan Cara Sederhana

Instalasi di Museum MACAN jawab tantangan pandemi

Wow, Tesla Akan Bangun Pabrik di Jawa Tengah
Fun
Wow, Tesla Akan Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Tesla dipastikan akan berinvestasi di Indonesia.

TransJakarta dan PT Mobil Anak Bangsa Hadirkan Uji Coba Bus Listrik
Hiburan & Gaya Hidup
TransJakarta dan PT Mobil Anak Bangsa Hadirkan Uji Coba Bus Listrik

TransJakarta dan PT Mobil Anak Bangsa mendukung kebijakan pemerintah.

Manis dan Menyegarkan, ini Rekomendasi 7 Film Rom-Com Terbaik
ShowBiz
Menyentuh, 5 Film ini Hadirkan Kisah Persahabatan Anjing dan Manusia
ShowBiz
Menyentuh, 5 Film ini Hadirkan Kisah Persahabatan Anjing dan Manusia

Anjing bisa mengajarkan manusia nilai-nilai kehidupan.

Nintendo Ogah Steam Deck Jadi Emulator Nintendo Switch
Fun
Nintendo Ogah Steam Deck Jadi Emulator Nintendo Switch

Nintendo mengambil tindakan tegas menghapus seluruh video di tiap platform streaming, termasuk Youtube.

Kisah Pasangan Atlet Indonesia Kawinkan Medali Emas di Hajatan Olahraga Bergengsi
Hiburan & Gaya Hidup
Kisah Pasangan Atlet Indonesia Kawinkan Medali Emas di Hajatan Olahraga Bergengsi

Pasangan atlet sumbangkan medali emas untuk Indonesia