Ekonomi Indonesia Mulai Membaik, Ini Indikatornya

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 05 November 2015
Ekonomi Indonesia Mulai Membaik, Ini Indikatornya
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Beberapa pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (16/6). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih Keuangan - Head of Economic Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan pihaknya menilai kinerja perekonomian pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla secara umum mulai menunjukkan progres baik, hal ini dapat dilihat dari pergerakan rupiah yang semakin membaik.

"Saya melihat ada perubahan signifikan dalam beberapa bulan terakhir ini, Pak Presiden Jokowi memiliki karaker kuat dalam membangun Indonesia yang lebih baik," tegas Purbaya Yudhi Sadewa saat diskusi Reshuffle Jilid II di Tomang, Jakarta Barat, Rabu (4/11) malam.

Purbaya menambahkan, dari data yang dimilikinya menujukkan bahwa ada indikator-indikator teknis tersendiri, awalnya yang ditakutkan adalah adanya keterpurukan ekonomi seperti tahun 1998. Tetapi dari data tersebut terlihat hal sebabaliknya, ini terbukti dengan adanya perbaikan tren positif penjualan mobil, penjualan motor pertumbuhannya tidak separah dari sebelumnya, serta penjualan semen tumbuh lagi.

"Jadi secara agregat ditarik dari berbagai rumus kita bisa menghindari keterpurukan yang dalam. Hal itu yang saya lihat agak melegakan, jadi bukan sepenuhnya lepas dari ancaman perlambatan ekonomi global lebih jauh. Tapi ini  membuka peluang lebih besar dari sebelumnya," tuturnya.

Menurut Purbaya Yudhi Sadewa, ancaman The Fed yang ingin menaikkan suku bunganya juga tidak dapat mempengaruhi melemahnya rupiah, asalkan pemerintah dan Bank Indonesia fokus dalam membuat kebijakan dalam menjaga rupiah tetap stabil dan pertumbuhan makro ekonomi tetap bagus.

"Ekspor kita cuma 20% dari PDB memang turun terus, tapi 80% lainnya berasal dari ekonomi domestik yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi kita, dan itu harus dijaga dengan kebijakan yang tepat. Kita enggak perlu takut dengan ekonomi global yang sedang surut," tutur Purbaya yang sempat bergabung dengan tim Staf Kepresidenan di bawah Luhut Binsar Pandjaitan. (abi)

 

BACA JUGA:

  1. Darmin Nasution Akui Paket Ekonomi III dan IV Berjalan Lambat
  2. Rupiah Ditutup Menguat Sambut Positif Paket Ekonomi V
  3. Gubernur BI: Paket Ekonomi Perbaiki Perekonomian Indonesia
  4. Paket Ekonomi V Terdiri dari Dua Paket
  5. Paket Ekonomi IV Diharapkan Atasi Hambatan UKM
#Kabinet Jokowi-JK #Target Pertumbuhan Ekonomi Jokowi-JK #Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan