Ekonom Beberkan Alasan Rupiah Tetap Terjaga Meski Jelang Libur Panjang Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Merahputih.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (29/5) pagi, memperlihatkan adanya pergerakan yang stabil menjelang liburan panjang.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan pergerakan ini dipengaruhi oleh pasar yang mulai bersiap menghadapi cuti mulai awal Juni 2019.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata di Malang Ini Cocok Banget Dikunjungi saat Libur Lebaran

"Kemungkinan rupiah relatif terjaga di tengah pasar yang sudah mulai kurang aktif karena libur panjang cuti bersama," ujar Lana, Rabu (29/5).

Lana menambahkan rupiah masih berpotensi menguat sepanjang hari karena adanya faktor eksternal yaitu pengaruh dari apresiasi beberapa mata uang Asia terhadap dolar AS.

Nilai tukar rupiah (pixabay)

"Mata uang kuat Asia utama, yen Jepang dan dolar Singapura, yang dibuka menguat terhadap dolar AS bisa menjadi sentimen penguatan rupiah," ujarnya.

Lana memprediksi rupiah hari ini akan masih dalam kisaran Rp14.350 per dolar AS hingga Rp14.370 per dolar AS.

BACA JUGA: Kegiatan Seru Mengisi Liburan Lebaran

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank Rabu pagi dibuka melemah 11 poin atau 0,08 persen menjadi Rp14.386 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.375 per dolar AS. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH