Eko Yuli Banjir Bonus Hampir Setengah Miliar, dari Jokowi Rp250 Juta Eko Yuli Irawan (Zimbio)

MerahPutih.com - Pundi lifter Eko Yuli Irawan bertambah setelah mampu menjadi juara dunia kelas 61 kg dan memecahkan rekor dunia. Hari ini saja, Eko menerima bonus Rp450 juta dari Kemenpora dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kamis (8/11), Eko Yuli diterima Presiden Jokowi ke Istana Merdeka Jakarta setelah merebut medali emas kelas 61 kg sekaligus memecahkan rekor pada kejuaraan dunia angkat besi di Asghabat, Turkmenistan, 3 November 2018.

Rekor yang dicetak Eko Yuli pada kelas yang baru dipertandingkan tersebut adalah dengan total angkatan 317 kg dari 313 kg sebelumnya dengan rincian angkatan clean and jerk 174 kg dan snatch 143 kg. Presiden memberikan bonus uang senilai Rp250 juta secara simbolis.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menambahkan dari Kemenpora juga memberikan bonus kepada Eko senilai Rp200 juta. Menurut Imam, Pemerintah tidak tanggung-tanggung memberikan perhatian pada atlet cabang olahraga unggulan yang selama ini mampu mempersembahkan medali level dunia.

Menpora Imam Nahrawi. Foto: MP/Rizki Fitrianto

Tidak hanya memberi bonus, Menpora Imam Nahrawi menjelaskan juga memberikan kebebasan kepada PB PABBSI untuk menyusun program bagi atletnya. Apalagi banyak kejuaraan yang bakal dihadapi dan sasarannya adalah Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang.

"Akan ada model pembiayaan tersendiri untuk cabang olahraga unggulan. Begitu juga dengan pelatnas. Tidak boleh putus," kata Menpora di Istana Negara, dilansir Antara.

Sementara Ketua Umum PB PABBSI Rosan P Roeslani belum mau memastikan bonus yang akan diberikan kepada Eko Yuli. Menurut dia, besaran bonus masih akan dirapatkan di internal PB PABBSI karena tidak hanya diberikan kepada Eko saja.

"Pasti ada dari kita. Kita memang berikan bukan hanya ke atlet, tapi juga ke tim yang support, termasuk sampai tukang pijatnya, pelatihnya, kita berikan," tandas Rosan. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH