Egg Platter, Menu Sarapan Praktis ala Hotel Egg Platter. (Foto: Pixabay)

“TELURNYA setengah matang,” pesan saya kepada waitress. Tidak lama kemudian, Egg Platter pesanan saya pun siap. Dua telur ceplok dengan bagian kuning berlelehan, dua buah sosis, selembar beef bacon, dua iris roti Prancis, dan setengah buah tomat panggang.

Sungguh menggoda! Apalagi disajikan di atas piring putih. Kombinasi merah dari beef bacon, sosis dan tomat, serta putih kuning telur mata sapi amat kontras dengan warna piring. Membuat makanan-makanan tersebut kian menggiurkan.

Ingin rasanya segera memotong-motong sosis berwarna kemerahan dan lelehan kuning telur, lalu menyuapkannya ke mulut. Warna piring, lagi-lagi, terbukti mampu menambah selera makan!

Egg Platter
Warna kontras piring dan santapan dapat membangkitkan selera makan. (Foto: Pixabay)

Beberapa tahun lalu peneliti di Cornell University pernah meneliti hubungan ukuran dan warna piring dengan kesadaran orang mengonsumsi makanan. Untuk studi tersebut peneliti menaruh makanan di piring putih dan merah.

Hasilnya, hidangan pada piring putih lebih banyak dimakan daripada piring merah. Bisa begitu lantaran warna kontras mengirim sinyal ‘peringatan’ ke otak untuk membuat orang lebih sadar dengan santapannya.

Jadi itulah sebabnya mengapa Egg Platter yang disajikan di piring putih terlihat amat menggiurkan. Trik ini bagus kamu terapkan saat nafsu makan sedang turun. Di pagi hari, buat lah Egg Platter ala hotel di rumah. Lalu sajikan di piring putih.

Selain praktis, menyantap telur di pagi hari akan membuat perutmu kenyang lebih lama. Protein pada telur membuat perut kenyang dibandingkan protein pada gandum. Sebutir telur mengandung sekitar 70 kalori, enam gram protein, lima gram lemak, dan 186 miligram kolesterol.

Jika takut kolesterol melonjak, tidak perlu mengonsumsi Egg Platter ini setiap hari. Cukup saat selera makan mendadak lenyap. Lantas, apa saja yang mesti disiapkan untuk membuat Egg Platter ini? Berikut resepnya.

Egg Platter

Bahan:

2 butir telur ayam

2 buah sosis

1 lembar beef bacon

½ buah tomat

Minyak sayur secukupnya

Cara:

Sosis:

Panaskan dua sendok makan minyak sayur dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan sosis. Balik sosis setelah lima menit. Biarkan sisi satunya selama tiga hingga lima menit atau sampai warnanya mulai berubah, sedikit gelap.

Telur ceplok atau mata sapi:

Siapkan wajan. Tanpa panaskan wajan, tuang dua sendok makan minyak sayur. Ratakan dengan tisu. Pecahkan telur, susun di atas wajan. Nyalakan api dengan temperatur sedang. Panaskan tanpa menutup wajah. Setelah itu kecilkan api. Tutup wajan, biarkan 1 menit.

Beef bacon:

Panaskan dua sendok makan minyak sayur dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan beef bacon. Balik beef becon setelah warnanya agak gelap. Biarkan sisi satunya selama tiga hingga lima menit atau sampai warnanya mulai berubah, sedikit gelap.

Tomat:

Panaskan dua sendok makan minyak sayur dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan tomat. Angkat sebelum tomat terlalu matang dan lembek.

Mudah, kan? Agar cepat, kamu bisa memasak sosis bersama beef bacon. Selamat mencoba! (*)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH