Efek yang Dirasakan Memakan Dua Pisang Setiap Hari Sejuta manfaat pada pisang. (Foto: South China Morning Post)

PISANG kerap ditambahkan di menu sarapan kita seperti oatmeal, smoothies, sereal, atau pancake. Selain menambah cita rasa makanan, kandungan yang terdapat di pisang memberi sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam sebuah pisang mengandung 110 kalori, 5 gram lemak, 27 gram karbohidrat, 3 gram serat, 14 gram gula, 25% vitamin B6, 1 gram protein , 16% mangan, 14% vitamin C dan 8% magnesium. Berikut efek yang dirasakan tubuh jika konsumsi dua buah pisang setiap hari:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah pisang memberi manfaat yang luar biasa pada pengidap hipertensi. Mereka yang rutin mengonsumsi pisang setiap hari, mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Hal tersebut disebabkan 420 gram potassium yang terdapat di pisang. Potassium bertugas untuk mereduksi efek buruk pada garam yang menyebabkan hipertensi.

pisang
Pisang dapat menurunkan tekanan darah. (Foto: aol)

2. Mengendalikan Berat Badan

Pisang kerap diandalkan oleh mereka yang menjalani program penurunan berat badan. Memakan dua pisang setiap hari dapat mengurangi berat badan. Serat tinggi yang terdapat di pisang membuat perut kita kenyang lebih lama. Pisang juga berfungsi untuk mengurangi napsu makan. Asupan makanan yang kita konsumsi pun jauh lebih sedikit. Berat badan pun turun lebih cepat.

3. Menurunkan Kemungkinan Anemia

Penderita anemia wajib mengonsumsi pisang setiap hari. Zat besi yang terdapat dalam buah pisang merangsang pembentukan sel darah merah. Produksi sel darah merah membuat kita terhindar dari kemungkinan anemia.

pisang
Pisang mampu memberikan kecukupan nutrisi pada tubuh. (Pexels/Pixabay)

4. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Pisang mengandung 20% vitamin dimana sebagian besar merupakan vitamin B6. Vitamin B6 membantu proses produksi hemoglobin, insulin, dan asam amino yang dapat berfungsi untuk membangun sel dalam tubuh. Selain itu, buah pisang mengandung 15% vitamin C yang dapat menetralisir bahaya radikal bebas.

pisang
Pisang mampu membuat pencernaan lebih lancar. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

5. Melancarkan Pencernaan

Buah yang tinggi kalium ini dapat melancarkan sistem pencernaan tanpa membahayakan. Pisang mengandung pati resisten yang mendukung pertumbuhan bakteri sehat. Bagi pengidap penyakit mag akut atau gangguan pencernaan lainnya, konsumsi pisang sangat direkomendasikan. Selain itu, pisang dapat mengembalikan mineral yang hilang saat kita diare.

6. Meningkatkan Energi

Lemas saat beraktivitas dan bekerja? Makanlah dua pisang. Pisang dapat mengembalikan energi yang hilang. Kandungan potassium dalam pisang membuat tubuh kita berenergi. Buah ini juga kerap jadi pilihan sebelum dan sesudah berolahraga.

Buah pisang juga dapat mengurangi potensi penyakit kanker dan diabetes. Jangan langsung buang pisang yang terdapat bintik kecokelatan. Menurut sebuah studi di Jepang, bintik cokelat yang terdapat di pisang mengandung Tumour Necrosis Factor yang dapat membantu memerangi sel rumor dalam tubuh. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH