Efek New Normal, Naik Ojol Harus Bawa Helm Sendiri Pengendara ojek dalam jaringan melintas di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (10/4/2020). (ANTARA/Andi Firdaus).

MerahPutih.com - Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia mengeluarkan aturan baru bagi para penumpang ojek online (ojol). Yakni untuk membawa helm sendiri. Hal itu sebagai salah satu pemenuhan protokol kesehatan yang ditetapkan asosiasi tersebut.

Ketua Presidium Nasional Igun Wicaksono menjelaskan, pada awal Maret 2020, Garda telah menerbitkan protokol kesehatan bagi para pengemudi dan imbauan agar penumpang membawa helm sendiri.

Baca Juga

Saat New Normal Berjalan, Perusahaan Diminta Perhatikan Protokol Kesehatan

"Untuk memasuki fase baru pandemi COVID-19 Garda juga tengah menyiapkan dan siap menerapkan basic hygiene bagi para pengemudi ojol maupun pengguna jasa ojol sebagai penguatan protokol kesehatan sebagai preventif," kata Igun dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (27/5).

Ilustrasi - Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Rabu (11/3/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/foc. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Ilustrasi - Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Rabu (11/3/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/foc. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Menurut Igun, sebagai asosiasi pengemudi ojol, Garda fokus pada preventif, protokol kesehatan, dan basic hygiene. Di mana tingkat keberhasilannya adalah minimalnya laporan pengemudi ojol yang positif maupun ODP dan PDP COVID-19.

"Garda berharap pemerintah maupun otoritas terkait penanganan COVID-19 dapat melibatkan asosiasi dalam menguatkan protokol kesehatan dan basic hygiene untuk memasuki fase The New Normal," jelas Igun.

Sebagai asosiasi pengemudi ojol, Garda fokus pada preventif, protokol kesehatan dan basic hygiene merupakan parameter prevensi dari Garda, sehingga tingkat keberhasilan dan efektifitas dari parameter ini adalah minimalnya laporan pengemudi ojol yang positif maupun ODP dan PDP COVID-19.

Baca Juga

PSBB Jakarta Segera Berakhir, Masyarakat Diminta Siap Jalani New Normal

Garda berharap pemerintah maupun otoritas terkait penanganan COVID-19 dapat melibatkan asosiasi dalam menguatkan protokol kesehatan dan basic hygiene untuk memasuki fase The new normal. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH