Efek Mengagumkan Nongkrong Bareng Sahabat untuk Kesehatanmu Nongkrong bersama teman menyehatkan (Sumber: Pinterest/Susie Moore)

APAKAH kamu suka menghabiskan waktu luang bersama sahabatmu? Jika iya, selamat! Hal yang kamu lakukan tersebut dapat meningkatkan kualitas hidupmu. Menghabiskan waktu bersama sahabat ternyata tak hanya baik untuk psikologis tetapi juga untuk kesehatan fisik. Sebuah penelitian dari Universitas Oxford menunjukkan bahwa bertemu dengan teman dekat dua kali seminggu baik untuh kesehatanmu.

"Laki-laki atau perempuan yang memiliki jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik memiliki kesehatan fisik dan emosional yang baik," ujar Profesor Psikologis Universitas Oxford, Robin Dunbar. Menurutnya, orang-orang yang memiliki hubungan pertemanan yang baik lebih cepat pulih dari operasi atau lebih sedikit mengalami gangguan penyakit daripada yang tidak.

Nongkrong
Berkumpul dengan sahabat (Sumber: Elite Daily)

Bahkan jika sedang sakit, orang-orang yang menyediakan waktu untuk temannya mengalami waktu pemulihan yang lebih cepat dari penyakit serius. Hal tersebut membuktikan bahwa bergaul dengan teman-teman memiliki efek luar biasa.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang punya banyak sahabat memiliki mekanisme yang lebih baik dalam mengatasi stres. "Ketika sedang stres dan cemas, bergaul dengan teman-teman adalah hal yang dapat membantu menenangkanmu," tutur Dr. Dunbar.

Tak hanya pada perempuan, laki-laki yang mempertahankan kelompok sosialnya lebih sehat dan cepat sembuh dari penyakit. Mereka juga cenderung murah hati.

Berkumpul dengan teman
Berkumpul dengan sahabat (Sumber: Norske)

Para ilmuwan di Universitas Stanford menilai bahwa itu terletak pada hormon oksitosin. Kadar oksitosin meningkat ketika orang mengalami pengalaman menyenangkan saat bercengkrama dengan temannya. Dan ketika kepanikan menyerang, oksitosin menenangkan.

Sementara Ketua Peneliti di University California Los Angeles, Shelley E Taylor menjelaskan bahwa bertemu dengan teman baik oksitosin tersebut disekresikan sebagai respon terhadap stres. Taylor mencatat bahwa orang dengan tingkat oksitosin tinggi lebih mampu bersosialisasi, tenang, santai, dan kurang cemas.

Meskipun mengobrol melalui telepon juga dapat meningkatkan kualitas pertemananmu, peneliti Oxford menjelaskan bahwa pertemuan fisik di dunia nyata jauh efektif bagi kesehatan tubuh. Nongkrong di dunia nyata jauh lebih kuat daripada hanya mengobrol lewat telepon.

"Pertemuan fisik dua kali seminggu adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari persahabatan. Sementara bagi para pria, berbagai kegiatan dengan sahabat juga bisa meningkatkan kualitas fisik. "Ikatan dapat dibentuk melalui berbagai kegiatan mulai dari olahraga tim, saling mengolok-olok atau sekedar minum-minum," jelas Dunbar. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH