Efek Jokowi, PDIP Kuasai DPRD Solo KPU Solo mengumumkan nama anggota DPRD terpilih dalam pleno terbuka di The Royal Surakarta Herritage, Selasa (23/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengumumkan 45 perolehan kursi partai di DPRD Surakarta periode 2019-2024 dalam Rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Pemilu 2019 di The Royal Surakarta Herritage, Selasa (23/7).

Ada tujuh parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Surakarta, yakni Partai Gerindra tiga kursi, PDIP 30 kursi, Partai Golkar tiga kursi, PKS lima kursi, PSI satu kursi, dan PAN tiga kursi.

Baca Juga: PSI Bikin Kejutan di Kampung Jokowi, Petugas Satpam Lolos Jadi Anggota DPRD Solo

Ketua KPU Nurul Sutarti, mengatakan PDIP mendapatkan kursi terbanyak dengan 30 kursi dalam Pileg 17 April lalu. Jumlah tersebut naik tujuh kursi dibandingkan saat Pileg 2014.

"Pileg 2014 PDIP mendapatkan kursi 23 kursi. Jumlah parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Surakarta pada Pileg 2019 juga turun dibandingkan pada Pileg 2014," ujar Nurul pada Merahputih.com.

:Ketua KPU Nurul Sutarti. (MP/Ismail)
:Ketua KPU Nurul Sutarti. (MP/Ismail)

Nurul menjelaskan ada tiga parpol yang terlempar dari kursi di DPRD Surakarta. Ketiga parpol tersebut, yakni Demokrat (tiga kursi), PPP (satu kursi), dan Hanura (satu kursi). Perolehan suara terbanyak pada Pileg atas nama Dinar Ratna Indrasari dari Dapil V Surakarta dengan perolehan 9.220 suara sah.

"Caleg petahana masih mendominasi kursi di DPRD Surakarta. Hanya ada empat caleg petahana yang terlempar dari kursi DPRD," kata dia.

Penetapan resmi 45 anggota DPRD Solo terpilih dilakukan paling lambat tanggal 6 Agustus sampai 9 Agustus. KPU Solo saat ini masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konsitusi (MK) turun.

Baca Juga: PAN Merapat ke Jokowi, DPW Jateng Minta Arah Koalisi Diputuskan Lewat Rakernas

"Sambil menunggu penetapan anggota terpilih, nama-nama 45 caleg yang kita umumkan ini harus segera menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)," kata dia.

Sektetaris DPC PDIP Surakarta Teguh Prakosa, mengatakan perolehan 30 kursi ini membuktikan Solo masih menjadi kandangnya banteng. Efek Jokowi sebagai capres dari PDIP juga ikut mempengaruhi perolehan suara PDIP di Solo.

"Perolehan 30 kursi di DPRD Solo juga membuktikan PDIP sebagai partai yang masih dipercaya rakyat," kata dia.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga artikel menarik lainnya dalam: PNRI Solo Sosialisasikan Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH