Efek Buruk Kurang Tidur. Salah satunya Bisa Meninggal

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 27 Mei 2019
Efek Buruk Kurang Tidur. Salah satunya Bisa Meninggal
Kurang tidur ternyata membahayakan (Sumber: Pixabay/DanFa)

Kebiasaan seperti pola makan tidak teratur, kurang olahraga bisa menyebabkan penyakit, begitupun kurang tidur. Oleh karena itu saat kamu sedang menerapkan pola hidup sehat, tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Setiap hari seseorang membutuhkan setidaknya enam jam tidur agar pikiran berfungsi dengan baik dan agar tubuh tetap sehat. Namun, gaya hidup dan pola kerja modern, kurang tidur menjadi masalah umum di masyarakat saat ini.

Dilansir dari Boldsky, sekarang mari kita ketahui efek buruk dari kurang tidur bagi kesehatanmu. Dengan begitu kamu bisa berpikir dua kali juka ingin begadang.

1. Obesitas

Obesitas (Sumber: Pixabay/Jarmoluk)
Obesitas (Sumber: Pixabay/Jarmoluk)

Di antara berbagai efek fisik dari kurang tidur, yang sangat umum adalah obesitas. Hal itu karena saat kurang tidur, hormon leptin menurun dan hormon ghrelin meningkat. Dua hormon ersebut berperan dalam meningkatkan pola makan. Kurang tidur juga menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak penyimpanan lemak.

2. Sistem kekebalan tubuh menurun

Sistem kekebalan tubuh menurun (Sumber: Pixabay/klimkin)
Sistem kekebalan tubuh menurun (Sumber: Pixabay/klimkin)

Karena penurunan produksi sitokin pelindung dan antibodi penangkal infeksi, sistem kekebalan tubuh kamu akan terganggu. Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi, sehingga memungkinkan perlindungan terhadap bakteri dan racun. Tetapi dengan kurang tidur, tubuh kamu tidak diberi kesempatan itu.

3. Membuat otak lelah

otak lelah (Sumber: Pixabay/VSRao)
otak lelah (Sumber: Pixabay/VSRao)

Saat kamu kurang tidur, maka otakmu akan kelelahan karena tak memberikan neuron untuk beristirahat. Hal ini menyebabkan fungsi kognitifmu terganggu dan mengekang naluri kreatif, membunuh kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat serta tepat dan menyebabkan orang itu sering mengalami perubahan suasana hati.

4. Menyebabkan gangguan neurologis

Menyebabkan depresi (Sumber: Pixabay/geralt)
Menyebabkan depresi (Sumber: Pixabay/geralt)

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan gangguan emosional tetapi juga menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang serius. Karena kurang tidur kamu bisa berhalusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku yang sangat impulsif.

5. Risiko penyakit kronis

Menyebabkan darah tinggi (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)
Menyebabkan darah tinggi (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)

Ini adalah fakta. Saat kamu kurang tidur, kamu harus siap-siap dihantui oleh penyakit-penyakit kronis. Saat seseorang kurang tidur kamu bisa terserang tekanan darah tinggi, stroke, diabetes. Bahkan ketika tak tidur dalam jangka panjang maka jiwanya akan terancam.

#Kurang Tidur #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan