Eco-Basic Cara Garuda Indonesia Dukung Sektor Pariwisata Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal take-off. (Foto : garuda-indonesia.com)

MerahPutih.Com - Garuda Indonesia secara khusus meluncurkan program eco-basic atau economy basic sebagai cara untuk mendukung sektor pariwisata di sejumlah daerah.

Program Eco-basic menawarkan tiket murah untuk rute tertentu yang biasanya banyak destinasi wisata. Terbaru, eco-basic PT Garuda Indonesia Sulawesi, Maluku dan Papua Region menawarkan tiket murah untuk rute Makassar-Semarang dinilai akan mendukung sektor pariwisata di Semarang, Jawa Tengah.

Hal itu dikemukakan General Manager PT Garuda Indonesia, Tbk. Branch Office Semarang, Bobby Achmad Roesyandi menanggapi program layanan baru Garuda di Semarang, Kamis (31/5).

Dia mengatakan, dengan adanya pelayanan tersebut maka akan memberikan peluang bagi warga dari Kawasan Timur Indonesia dari Makassar untuk melakukan penerbangan ke Semarang dan mengunjungi sejumlah destinasi wisata, begitu pula sebaliknya.

Para pramugari Garuda
Sejumlah pramugari berpose pada awak media di depan pesawat Garuda Indonesia, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (27/10). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

Menurut Bobby sebagaimana dilansir Antara, melalui rute Makassar - Semarang via Surabaya ini, penumpang akan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan harga normal. Sebagai gambaran, tiket Makassar - Surabaya yang normalnya sekitar Rp850 ribu, cukup ditebus Rp680 ribu saja, sedang untuk Makassar - Semarang sekitar Rp650 ribu.

"Kalau tiketnya dari Semarang ke Makassar lebih murah lagi yakni Rp638 ribu. Kesempatan ini dapat digunakan oleh mahasiswa atau siswa yang ingin jalan-jalan atau kunjungan dengan membawa ransel saja," katanya.

Meskipun harga tiketnya jauh lebih murah, namun fasilitas layanan yang diperoleh tetap sama dengan penumpang lainnya yakni bagasi 20 kilogram dan makan minum di pesawat. Yang membedakan hanya penumpang program "eco-basic" tidak mendapatkan bagasi cabin.

Menteri Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua kiri) menyerahkan hadiah berupa tiket pesawat Shanghai-Bali PP kepada para pemenang joget dangdut dengan didampingi Konsul Jenderal RI untuk Shanghai Siti Nugraha Mauludiah (kiri) dan Wakil Direktur Garuda Indonesia Wilayah Cina Dharmawan J Hendrata (ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie)

Mencermati hal itu, pihaknya siap menggandeng pelaku pariwisata dan perhotelan dalam mendukung dan menggairahkan sektor pariwisata Semarang. Adapun destinasi wisata yang ditawarkan diantaranya Vihara Sam Po Kong, museum kereta api Ambarawa, Eling Bening, kebun buah, Lawang Semu, Masjid Agung Jawa Tengah dan kawasan kuliner Simpang Lima.

Untuk program paket wisata tersebut, lanjut Bobby yang gemar mengoleksi helm militer ini, grup kecil maksimum 12 orang untuk mendapatkan program "eco-basic" Garuda jika berangkat dari Makassar dapat tiba pagi di Semarang dan langsung menikmati sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang dan sekitarnya.

Kemudian esoknya dilanjutkan dengan wisata belanja dan menikmati Kota Tua sebelum menuju ke Bandara Internasional Ahmad Yani untuk pemberangkatan ke Makassar pada pukul 16.05 WIB.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Badan Informasi Geospasial Luncurkan Peta Arus Mudik 2018



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH