'EarthBound USA', Film Dokumenter tentang Kekesalan Gamer Terhadap Game Nintendo

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 02 Desember 2023
'EarthBound USA', Film Dokumenter tentang Kekesalan Gamer Terhadap Game Nintendo
'Mother 3' yang seharusnya rilis di Nintendo 64, ternyata hilang dari peradaban. (EarthBound USA)

GIM 'EarthBound' garapan Nintendo adalah gim Role-Playing Game (RPG) terbaik yang pernah rilis di Super Nintendo. Gamer era awal 90an di dunia sempat menikmati petualangan terbaik nan mindblowing.

Bahkan kesuksesan EarthBound dijadikan satu rubrik di majalah Nintendo Power. Gim ini sayangnya tidak mendapatkan sekuel dan perlakuan baik dari Nintendo. Terkesan produsen itu mencampakkan penggarapan EarthBound untuk dapat fokus ke gim Nintendo lainnya.

Baca Juga:

Resmi Dimulai Playoff Liga Esports Nasional 2023

Karena permasalahan trilogi yang seharusnya mendapatkan seri keempatnya, dan bahkan tidak ada terjemahan yang lebih baik ke Bahasa Inggris, gim ini hanya mendapatkan eksposur karena viral di internet terkait hilangnya seri Mother 4 yang seharusnya rilis di Nintendo 64.

Dokumentasi tentang kekesalan penggemarnya ini dirangkum dalam film dokumenter EarthBound USA yang rilis pada 28 November 2023. Mengutip laman Gaming Trend, fim ini merupakan dokumentasi kekesalan gamer dan pencintanya, terkait hilangnya sekuel gim itu yang harusnya berada di konsol 64-bit Nintendo.

Kamu bisa melihat beberapa komentar terkait hal yang berbau EarthBound seperti founder dari Starmen.net, Reid Young dan Clyde 'Tomato' Mandelin. Kemudian berbagai dokumentasi tentang forum yang berisikan terjemahan Mother 3 dalam Bahasa Inggris yang hingga 2023 ini masih digarap.

Baca Juga:

Bandai Namco belum Punya Rencana Bikin Gim Naruto

earthbound
Film dokumenter tentang kekacauan forum terhadap game EarthBound yang tak kunjung datang di Nintendo. (EarthBound USA)

Semua aspek dokumentasi tersebut digarap dengan suasana cringey yang menjadi daya tarik gamer-nya memainkan trilogi itu. Bahkan kreator EarthBound, Shigesato Itoi, kemudian angkat bicara pada penggarapan Mother 4 yang hilang tanpa adanya informasi dari Nintendo.

Bila kamu pencinta gim RPG dengan esensi nyentrik nan aneh, maka gim ini paling banyak dimainkan oleh gamer Nintendo di era 16-bit. Bahkan, banyak penggemar yang tertarik untuk menggarap gim yang sama nyelenehnya dengan EarthBound. Seperti Toby Fox dengan gim Undertale yang dinobatkan sebagai Best Indie Game Soundtrack sepanjang masa oleh The Game Awards.

Selain itu untuk mengenang cerita seru perjalanan Ness dan kawan-kawan, Nintendo tetap memberikan eksposur untuk beberapa karakter EarthBound di gim teranyar yang rilis di Nintendo Switch, Super Smash Bros. dan gim ini di-porting ke Nintendo Switch Online. Kamu bisa temukan gim ini di pustaka Nintendo Entertainment System dan Super Nintendo.

Kamu bisa menonton EarthBound USA secara penuh di YouTube dalam sulih suara Bahasa Inggris. (dnz)

Baca Juga:

'Lies of P' Menangi Penghargaan Mac Game of the Year 2023

#Game #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan