E-Sport Makin Mendapat Tempat, Gamers Cianjur Memiliki Wadahnya sendiri E-Sport semakin menunjukan gairahnya di Indonesia. (Foto: Pexels/Jamie McInall)

E-SPORT memang cabang olahraga anyar di Indonesia, bisa jadi di seluruh dunia. Namun meskipun baru kompetisinya sangat luar biasanya. Bahkan hadiah yang diberikan bisa jadi melebihi cabang olah raga lainnya.

Kehadiran e-sport tak luput dari para penggila video games yang menikmati kemudahan dari akses internet yang semakin mudah dan kencang. Untuk itu tak mengherankan bila kemudian Indonesia mulai banyak komunitas-komunitas gamers. Inilah yang membuat pemerintah mulai memberikan wadah agar lebih terarah.

Baca Juga:

6 Remaja Ini Menghasilkan Uang Hanya dari Bermain Game Online

esport
Pengurus E-Sport Cianjur. (Foto: istimewa)

Para gamers di Kabupaten Cianjur kini mendapatkan wadah dari Pemerintah, saat ini sudah dibentuk pengurus E-Sport di Kabupaten Cianjur.

Ketua harian E-Sport Jabar Budiana mengatakan, setelah membentuk cabang olahraga elektronik sport di semua kabupaten/kota, dalam waktu dekat akan diselenggarakan turnamen E-Sport Gubernur Cup.

"Target awalnya secara organisasi e-sport di semua wilayah di Jawa Barat bisa berdiri. Kalau tujuan lainnya itu bisa dimanfaatkan untuk penyaluran hobi generasi muda hari ini atau dunia games bagi para gamers," jelas Budiana usai melantik pengurus E-Sport wilayah Cianjur, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi, di Bale Prayo Jalan Siliwangi, Senin (21/9/2020).

Ia mengatakan, setelah hobi para gamers ini difasilitasi kemudian pemerintah juga akan mudah menurunkan apa yang menjadi kebutuhan melalui KONI.

"Karena e-sport saat ini masih merupakan cabang olahraga baru jadi kami mohon maklum lah kepada masyarakat kalau kami masih tertatih-tatih dalam sisi organisasi," katanya.

Baca Juga:

Tempuh Jalur Berbeda dari Idola Lainnya, Sehun Pilih Usaha di Bidang Ini

esport
Mewadahi para gamers untuk berkompetisi. (Foto: Pexels/Soumil Kumar)

Ia mengatakan, sebagai cabang olahraga baru yang ditetapkan KONI pusat tentunya melalui KONI Jabar terbentuklah cabang olahraga ini.

"Dalam waktu dekat di bulan Desember rencananya ada Gubernur Cup. Secara lisan sudah disampaikan semoga pak gubernur berkomitmen dan terus mendukung. Kalau tak ada halangan pelaksanaan pendaftaran akan dimulai Oktober," jelasnya.

Tahun lalu dalam kesempatan gelaran IDBYTE, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, e-Sports merupakan konvergensi yang pas antara dunia digital dengan olahraga. Kehadirannya diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

"Apalagi terbukti juga bahwa anak-anak muda kita banyak yang berprestasi dan mampu mengambil manfaat dari e-Sports ini, terutama menjadi atlet berprestasi internasional," kata Rudiantara. (Mauritz/Jawa Barat)

Baca Juga:

Menangi Turnamen, 3 Biksu Muda Bikin Heboh Dunia Esports

Kredit : mauritz

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH