E-commerce Besar Dunia Terus Jual Krim Pemutih Bermerkuri Tinggi? Perlu kehati-hatian membeli produk krim pemutih. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

PRODUK pemutih kulit yang mengandung merkuri tingkat tinggi konon terus dijual di platform e-commerce terbesar dunia. Demikian menurut laporan baru dari Zero Mercury Working Group (ZMWG).

Laporan yang dibagikan secara eksklusif untuk CNN sebelum diterbitkan itu merupakan laporan ketiga ZMWG yang mengungkapkan tingkat merkuri tinggi dalam sabun dan krim pemutih kulit. Namun, ini adalah laporan pertama yang hanya fokus pada penjualan daring produk-produk tersebut.

Baca Juga:

Pandemi Jadi Momentum Tepat untuk Ajukan Jamu Sebagai WBTB UNESCO

krim
Ada 129 produk di 16 negara memiliki kadar merkuri yang tinggi dan dijual di lebih dari 30 lokasi berbeda. (Foto: Pexels/Linda Prebreza)

Untuk penelitiannya, ZMWG membeli dan menguji 271 produk pencerah kulit dari lebih dari 40 situs e-commerce di 17 negara di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika. Dari jumlah tersebut, 129 produk di 16 negara ditemukan memiliki kadar merkuri yang tinggi dan dijual di lebih dari 30 lokasi berbeda.

"Ketika kami mulai melihat produk ini secara daring, ada penggunaan yang begitu luas. Itu seperti ledakan dibandingkan dengan apa yang kami lihat di pasar lokal," kata Michael Bender, Direktur Eksekutif Proyek Kebijakan Merkuri dan koordinator ZMWG kepada CNN.

Penggunaan merkuri dalam kosmetik dibatasi di sebagian besar negara karena efek toksiknya. Pada tahun 2013, konvensi Minamata tentang merkuri menetapkan batas internasional untuk kosmetik 1mg/kg merkuri, atau 1 bagian per juta (ppm) yang mulai berlaku pada tahun 2021, meskipun ini tidak termasuk kosmetik area mata.

Tetapi 47 persen dari produk pemutih kulit yang diuji oleh ZMWG mengandung lebih dari tingkat merkuri yang diizinkan, dengan banyak mengandung lebih dari 10 ribu ppm merkuri - dan beberapa lebih dari 50 ribu ppm, menurut laporan tersebut.

ZMWG, koalisi internasional lebih dari 110 LSM kepentingan publik, lingkungan dan kesehatan dari lebih dari 55 negara, menyerukan agar situs e-commerce daring bertanggung jawab atas produk yang dijual di platform mereka dan meminta agar mereka sepenuhnya mematuhi kesehatan dan undang-undang keselamatan negara tempat mereka menjual.

Kerangka peraturan hukum saat ini di banyak negara di seluruh dunia gagal melindungi konsumen secara memadai dari produk berbahaya, palsu, dan ilegal yang dijual secara daring, menurut laporan yang diterbitkan Kamis (10/3).

Baca Juga:

4 Tips Menjaga Kesehatan Pikiran saat Aktivitas Mulai 'Burn Out'

Merkuri

krim
Merkuri telah lama digunakan dalam produk pemutih kulit untuk memblokir produksi melanin. (Foto: 123RF/conceptw)

Industri pemutih kulit diperkirakan mencapai USD8 miliar (Rp114.678.800.000.000) di seluruh dunia dan diperkirakan akan mencapai USD11,8 miliar (Rp169.150.640.000.000)pada tahun 2026. Studi menunjukkan bahwa perempuan menyumbang hampir 80 persen dari penjualan di seluruh dunia.

Merkuri telah lama digunakan dalam produk pemutih kulit karena kemampuannya untuk memblokir produksi melanin di kulit, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini sangat beracun bagi kesehatan pada tingkat tinggi dan dapat berdampak pada tubuh dalam berbagai cara.

Merkuri mudah diserap melalui kulit dan dapat menyebabkan ruam, reaksi alergi, dan bahkan kerusakan ginjal dan gangguan sistem saraf. Merkuri juga dapat menyebabkan perubahan berbahaya pada plasenta, kemudian menyebabkan kerusakan pada janin selama kehamilan, dan dapat menular ke anak-anak melalui kontak kulit ke kulit,” jelas Lymberidi. Penelitian telah menunjukkan bahwa rumah tangga juga dapat terkontaminasi.

Sebanyak 36 merek membuat produk yang diidentifikasi oleh ZMWG mengandung merkuri tingkat tinggi dan sebagian besar tersedia di berbagai negara dan benua melalui berbagai platform daring. Di antaranya adalah beberapa produk dengan merek seperti perusahaan yang berbasis di Pakistan Goree, Aneeza, Faiza, Chandni dan Noor, Kim yang berbasis di Thailand, Jiaoli yang berbasis di Tiongkok, dan La Tia Mana yang berbasis di Meksiko. Semua kecuali La Tia Mana telah diidentifikasi dalam laporan ZMWG sebelumnya tetapi terus mengandung merkuri tingkat tinggi dan tersedia secara daring, menurut laporan terbaru.

"Ketika kami melihat dari tahun ke tahun, kami melihat nama merek yang sama dan produk yang sama muncul di seluruh dunia," kata Bender.

Baca Juga:

Ini Bilik Paling Bersih dan Kotor di Toilet Umum

Aturan jelas

krim
Sejumlah besar produk pemutih kulit yang mengandung merkuri tingkat tinggi tersedia banyak e-commerce. (Foto: 123RF/marctran)

Bender dan Lymberidi menjelaskan bahwa meskipun platform sering menghentikan produk saat diberitahu tentang penjualan mereka, beberapa waktu kemudian produk-produk tersebut sering muncul kembali.

Pihak eBay mengatakan kepada CNN bahwa mereka menggunakan kombinasi alat pengawasan digital dan manual untuk menghilangkan produk yang tidak sesuai dengan peraturan kesehatan dan keselamatan yang berlaku. Termasuk produk pencerah kulit yang mengandung bahan terlarang hydroquinone dan merkuri.

Menurut laporan tersebut, sejumlah besar produk pemutih kulit yang diuji oleh ZMWG dan ditemukan mengandung merkuri tingkat tinggi tersedia di eBay, Ubuy, Shopee (dimiliki oleh Sea Limited) dan Flipkart. Produk yang mengandung merkuri juga dibeli di Daraz dan Aliexpress, keduanya merupakan bagian dari grup Alibaba, dan dua krim dibeli di situs Amazon India dan Amazon.com.

Seperti eBay, Amazon mengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memantau tokonya dan memiliki langkah-langkah proaktif untuk mencegah produk yang dilarang terdaftar. Ia menambahkan bahwa penjual pihak ketiga diharuskan untuk mengikuti semua undang-undang, peraturan, dan kebijakan Amazon yang berlaku saat mendaftarkan barang untuk dijual. Bagi yang melanggar kebijakan akan dikenakan tindakan termasuk kemungkinan penghapusan akun mereka.

Shopee, Flipkart, Daraz dan Aliexpress memberikan tanggapan serupa dengan tanggapan dari Amazon dan eBay. Keempat perusahaan tersebut semuanya menjelaskan bahwa penjualan produk ilegal atau berbahaya dilarang di situs mereka. Penjual diharapkan mengikuti peraturan setempat dan kebijakan perusahaan. Perusahaan juga menguraikan pemeriksaan dan sistem pemantauan yang mereka miliki untuk mencegah atau menghapus produk yang melanggar kebijakan ini.

Shopee menambahkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah dan otoritas kesehatan untuk menghapus daftar yang ditandai mengandung merkuri tingkat tinggi. Perusahaan juga mendorong pengguna untuk menghubungi Shopee jika mereka menemukan daftar serupa di platform-nya. (aru)

Baca Juga:

Jangan Kalap, Kurangi Nafsu Makan Berlebih

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Tayangan Korea di Viu Siap Temani Desembermu
ShowBiz
4 Tayangan Korea di Viu Siap Temani Desembermu

Tayangan Korea bikin para penontonnya selalu penasaran.

Hormon Cinta tidak dapat Selamatkan Hubungan yang Bermasalah
Hiburan & Gaya Hidup
Hormon Cinta tidak dapat Selamatkan Hubungan yang Bermasalah

Tidak membuat laki-laki muda yang sehat lebih mampu mengenali emosi.

Melestarikan Sastra Indonesia Ala Anak Muda
Fun
Melestarikan Sastra Indonesia Ala Anak Muda

Sastra merupakan hasil pikiran dan buah imajinasi seseorang yang dikemas secara estetis.

Pertama Kali, Kejuaraan Dunia ‘League of Legends’ Diadakan Amerika Utara
Fun
Pertama Kali, Kejuaraan Dunia ‘League of Legends’ Diadakan Amerika Utara

Tur ini merupakan pertama kalinya Riot Games melakukan turnamen dunia multinasional di Amerika Utara.

4 Selebritas Hollywood dengan Transformasi Paling Mengejutkan
ShowBiz
4 Selebritas Hollywood dengan Transformasi Paling Mengejutkan

Artis Hollywood ini nyaris tidak dikenali karena berbeda

Kontrak Berakhir, NU'EST Putuskan Mengakhiri Aktivitas Grup
ShowBiz
Kontrak Berakhir, NU'EST Putuskan Mengakhiri Aktivitas Grup

Kontrak para anggota NU'EST akan berakhir pada 14 Maret.

Sandiaga Uno Fasillitasi Atlet untuk Latihan Piala Dunia Esports
Fun
Sandiaga Uno Fasillitasi Atlet untuk Latihan Piala Dunia Esports

Sandiaga Uno terus dukung perkembangan esports Tanah Air.

Karier Anupam Tripathi Melejit Berkat 'Squid Game'
ShowBiz
Karier Anupam Tripathi Melejit Berkat 'Squid Game'

Anupam Tripathi mendapat banyak tawaran film.

Red Hot Chili Peppers Segera Hadirkan Album 'Return of The Dream Canteen'
ShowBiz
Red Hot Chili Peppers Segera Hadirkan Album 'Return of The Dream Canteen'

Red Hot Chili Peppers kejutkan penggemar dengan pengumuman album baru.

Peringatan Hari Hutan Indonesia 2022 Usung Tema 'Hutan Kita Sultan'
Fun
Peringatan Hari Hutan Indonesia 2022 Usung Tema 'Hutan Kita Sultan'

Jika tidak ada hutan, tidak ada kehidupan.