Durian Tidak Ada yang Bisa Menolaknya. Bagaimana dengan Ibu Hamil? Bolehkah ibu menyusui makan durian? (Foto: Pexels/NIKOLAY OSMACHKO)

RAJANYA buah ini sangat disukai oleh semua orang. Rasanya yang manis seperti candu bagi para penikmatnya. Meskipun demikian ada batasan-batasan yang harus diperhatikan. Misalnya penderita tekanan darah tinggi dilarang mengonsumsinya. Bagaimana dengan ibu hamil?


1. Durian mengandung gas yang dapat membuat ibu menyusui tidak nyaman

ibu menyusui
Gas dari durian dapat membuat gas lambung berlebihan. (Foto: Pixabay/fancycrave1)


Laman Go Dok menuliskan konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI mengatakan durian cukup banyak mengandung gas. Bukannya tidak mungkin ada beberapa ibu yang ketika makan durian berlebihan otomatis gas di lambung berlebihan dan itu membuat saluran pencernaan kurang nyaman.

“Saluran pencernaan yang kurang nyaman akhirnya membuat ibu juga kurang nyaman dalam mengurus bayinya. Belum ada penelitian menyebutkan durian memengaruhi produksi ASI atau ASI-nya jadi rasa durian misalnya,” kata dr Hikmah.


2. Durian merupakan sumber karbohidrat

duren
Durian merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. (Foto: instagram@yj_joyce)


“Kalau ibu menyusui mau makan durian, silakan makan. Makan secukupnya. Secukupnya seberapa? Beda-beda sih ya tiap orang, kembali kepada masing-masing. Ada ibu menyusui misalnya makan satu durian enggak apa-apa, ya enggak masalah,” tambah dr Hikmah.

Untuk itu dr Hikmah mengatakan durian memang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga, ibu menyusui tetap perlu punya prioritas dalam mengonsumsi makanan. Sebagai informasi, ibu menyusui butuh energi sekitar 2250-2500 kkal per hari. Jadi, tidak mungkin juga ketika ibu menyusui sudah makan durian lantas tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya.


3. Hati-hati berat badan akan naik tajam

ibu menyusui
Bukan rahasia lagi karbohidrat dapat menaikan berat badan. (Foto: Pexels/pixabay)


Bisa jadi ibu menyusui makan durian dengan kandungan kalori yang cukup banyak ditambah makan sumber karbohidrat lain. Bila seperti itu, bukan tidak mungkin tubuh kemudian menjadi besar. Sementara itu, konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Ameetha Drupadi CIMI mengatakan ibu menyusui suka makan durian, tidak ada masalah.

“Tapi ingat, durian tinggi sekali kandungan karbohidratnya. Jadi memang makannya jangan berlebihan. Kandungan karbonya tinggi, gulanya tinggi, bukan enggak mungkin makan berlebihan bikin berat badan ibu naik. Prinsipnya kalau untuk dikonsumsi ibu menyusui tetap boleh kok asal jangan berlebihan,” tutur dr Ameetha. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo