Durian Acin Juaranya Festival Durian 2016

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 10 Desember 2016
Durian Acin Juaranya Festival Durian 2016
Durian Acin di Festival Durian Living World 2016, Living World Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

MerahPutih Kuliner - Durian Acin yang hadir di event Festival Durian 2016, Living World Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi idola para pengunjung. Selain terkenal, durian lokal yang diambil langsung dari daerah Sidikalang Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki rasa yang berbeda dengan durian-durian lainnya.

Telebih untuk durian yang berwarna kuning atau lebih dikenal dengan istilah durian tembaga. Durian tembaga ini memilki warna kuning terang, serta aroma yang menggoda. Dagingnya pun lebih tebal dibanding dengan durian lainnya yang berwarna putih pucat. Durian tembaga ini memiliki kontur tidak terlalu lembek, namun tidak terlalu keras alias pas. Dibading buah durian yang putih, yang cenderung lembek.

Acin, sang pemiliki lapak durian di Festival Durian Living World mengaku, sebenarnya ada beberapa jenis warna durian, yaitu hitam, orange, dan putih. Untuk rasa buah sendiri, kata Acin, dua jenis. Pertama berasa manis, yang satunya lagi rasanya agak sedikit pahit. Namun demikian, dua rasa ini tidak menghilangkan cita rasa nikmatnya buah lokal yang memiliki kulit berduri tersebut. Karena, rasa pahit dari durian tersebut, menurut Acin, berpadu dengan rasa manis. Sehingga memiliki sensasi rasa yang bisa bikin ngiler dan "bisa lupa diri".


Pengunjung menikmati durian. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

“Semua tergantung selera, karena setiap orang kan punya selera yang berbeda-beda. Tapi kalau yang namanya buah durian yang matang jatohan dari pohon, pasti super,” ujar Acin kepada merahputih.com, Sabtu (10/12).

Untuk berat durian Medan sendiri, kata Acin, variatif mulai dari 8 ons hingga 4 kilo, tergantung ukuran. Sedangkan harga, Acin mematok mulai dari Rp60ribu hingga Rp300ribu. “Kalau yang biasa itu enam puluh ribu sampai seratusan ribu, tergantung ukurannya. Tapi kalau yang buah durian cangkok, bisa sampai tiga ratus ribu. Lebih mahal, karena dagingnya lebih tebal dan bijinya kecil. Isi buahnya juga lebih padat,” paparnya. (Wid)


BACA JUGA:

  1. Asoy Kita Belah Duren Mateng di Festival Durian 2016
  2. Sop Durian Segar, Teman Bersantai Anda di Akhir Pekan
  3. Cara Praktis Bikin Ketan Susu Durian Enak di Rumah
  4. Mantap, Cara Baru Makan Durian, Dibakar!
  5. Milky Kolak Durian Yummy untuk Buka Puasa
#Kuliner Tangerang #Festival Durian 2016
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan