Durasi Avengers: Endgame 3 Jam, Yakin Kamu Bisa Menahan Buang Air Kecil Selama Itu?

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 25 April 2019
Durasi Avengers: Endgame 3 Jam, Yakin Kamu Bisa Menahan Buang Air Kecil Selama Itu?
Menahan berkemih bisa berakibat buruk buat tubuh. (foto: pixabay/lumpi)

UMUMNYA, film bioskop berdurasi 2 jam. Namun, film terbaru Marvel, Avengers: Endgame, berdurasi jauh lebih panjang: 3 jam 2 menit. Setelah diputar perdana pada Rabu (24/4), film tersebut langsung menyedot banyak penonton.

Penggemar superhero Marvel enggak keberatan harus bangun subuh-subuh demi nonton yang pertama. Demikian juga untuk urusan buang air kecil. Enggak sedikit yang berniat dan bersiasat agar tidak buang air kecil selama film. Itu demi kenyamanan menonton. Enggak asyik deh kalau kehilangan sepotong adegan dan cerita dalam film.

Namun nih, apakah menahan buang air kecil tak berefek buat tubuh? Faktanya, menahan buang air kecil terlalu lama bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Situasi dingin, seperti bioskop, memang salah satu faktor yang menyebabkan orang ingin buang air kecil. Demikian dikemukakan dokter umum Mulki Rakhmawati dari Pusat Kesehatan Masyarakat Pondok Pucung, Tangerang Selatan, seperti dilansir Antara.

"Selain itu, rasa kebelet terjadi pada orang yang mengalami infeksi saluran kemih, mengalami tekanan rongga panggul seperti kondisi hamil atau pelemahan otot dasar panggul yang dialami lansia," ujar Mulki.

Menurut dokter umum Wiranty Ramadhani dari AP & AP Pediatric, Growth & Diabetes Center, menahan buang air kecil bisa menyebabkan nyeri pada saluran kemih. "Infeksi dan gangguan aliran urine yang berkelanjutan dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Akibatnya bisa berujung pada gagal ginjal," kata Wiranty.

abdominal pain
Infeksi bisa terjadi akibat urine yang mengendap lama. (foto: pixabay/derneuman)

Infeksi dapat terjadi karena urine yang terendap lama bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. "Gejalanya bisa anyang-anyangan, tidak nyaman di panggul bawah, nyeri saat buang air kecil, dan terkadang meriang," kata Mulki.

Kebiasaan menahan pipis juga bisa membuat fungsi kontrol buang air kecil terganggu yang bisa berujung pada mengompol.

Tak cuma itu, menahan buang air kecil bisa menyebabkan batu saluran kemih. Menurut Mulki, orang yang biasa menahan pipis umumnya mengurangi asupan cairan, penyebab meningkatnya risiko terjadinya batu saluran kencing.

Lantas, seberapa lama manusia dapat menahan buang air kecil?

"Jika memang sangat dibutuhkan, seseorang bisa menahan buang air kecil sampai 3 jam, tapi itu sangat tidak dianjurkan," tutur Mulki.

Salah satu cara mengurangi risiko kebelet ialah menghindari asupan makanan dan minuman yang bisa meningkatkan produksi urine, di antaranya makanan dan minuman manis, teh atau kopi yang mengandung kafein, alkohol serta soda.

Jika memang sangat dibutuhkan, menahan buang air kecil bisa sampai 3 jam, tapi itu sangat tidak dianjurkan. Jadi pastikan kamu berkemih dulu sebelum nonton dan kurangi minum teh, kopi, soda, ataupun alkohol sebelum nonton ya.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan