Headline

Dunia Hiburan Buka Banyak Peluang Kerja Baru di Arab Saudi

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 17 April 2018
Dunia Hiburan Buka Banyak Peluang Kerja Baru di Arab Saudi
Industri hiburan mulai menggeliat di Arab Saudi (ANTARA FOTO via Reuters)

MerahPutih.Com - Angin perubahan sedang menerpa Arab Saudi. Sejumlah kebijakan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman membuka kanal-kanal publik yang selama ini sempat dilarang, seperti industri hiburan.

Dimulai dengan adanya pembukaan kembali bioskop membuat indstri hiburan di Arab Saudi kembali bergeliat. Selain meningkat perekonomian, juga menciptakan banyak peluang kerja baru bagi orang-orang berbakat di dunia hiburan.

Seperti halnya pada Ohoud Mohammed. Wanita muda Arab Saudi itu bercerita bahwa setelah memperoleh gelar sarjana dari sebuah perguruan tinggi setempat sekitar tiga tahun lalu, dirinya sempat gagal mendapat pekerjaan. Meski demikian, bakat menggambar dan melukisnya membawanya ke cabang Asosiasi Budaya dan Seni Saudi, di mana dia dapat bergabung dengan sekelompok aktor dan aktris sebagai seorang penata rias.

"Saya seorang pecinta seni. Saya memiliki banyak karya artistik dari berbagai jenis seperti minyak, arang dan lukisan cat air, dan banyak jenis seni lama dan kontemporer lainnya," ungkap Mohammed sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua, Senin (16/4).

Para penonton bioskop di Arab
Sejumlah wanita sedang menonton bioskop di Arab (AFP/Nureldine)

Dia menambahkan bahwa bakat seninya adalah sesuatu yang tidak ia pelajari melalui sekolah.

"Ini adalah pemberian Tuhan," katanya.

Mohammed menjelaskan bahwa semangatnya pada dunia tata rias telah dimulai sejak lama. Dia menganggap wajahnya sebagai kanvas lalu memercikkan berbagai warna di wajahnya.

"Saya mulai menaruh semacam zat lilin di wajah saya dan melihat ke cermin lalu membuat perubahan. Beberapa anggota keluarga saya menyukainya dan bahkan meminta saya untuk merias wajah mereka. Awalnya ditertawakan di dalam keluarga, tetapi saya menganggapnya serius dan bersikeras untuk meningkatkan diri," katanya.

Diakuinya, secara bertahap hal tersebut telah menjadi pekerjaan yang dapat mendukung dirinya dan keluarganya secara finansial. Calon administrator bisnis tersebut kini bekerja sebagai seniman sinematik selama lebih dari dua tahun ini.

"Saya baru-baru ini menerima banyak permintaan untuk bekerja sama dengan bintang akting lokal dari baik laki-laki dan perempuan untuk merias wajah mereka," kata Mohammed.

Dia tidak berpikir untuk bergabung dengan institusi yang lebih tinggi untuk belajar tata rias, karena dia tidak punya waktu untuk melakukannya, namun dirinya mempertimbangkan untuk melakukannya di masa mendatang.

Konferensi Showbiz di Dubai
Konferensi Industri Showbiz di Kuwait (irtv.news)

Dia menunjukkan bahwa sesi rias untuk seorang aktor menghabiskan waktu sekitar 30-60 menit, tidak peduli apa karakternya atau seberapa rumitnya. Dia juga menambahkan bahwa pekerjaannya benar-benar dapat menghidupinya.

"Ini adalah pekerjaan yang baik dan layak untuk semua upaya yang saya lakukan. Saya terkadang mendapatkan hampir 700 Riyal Saudi (186,6 dolar Amerika Serikat) untuk setiap sesi riasan, "katanya.

Kepala komite teater di Asosiasi Budaya dan Seni Jeddah, Bakheet Al-Ameri, mengatakan bahwa ada sekitar 10 seniman perias perempuan yang telah memperoleh ijazah terakreditasi dari institut Arab ternama.

"Kami akan mengatur kompetisi untuk seniman rias Saudi setelah kami menemukan perusahaan atau orang yang mensponsori. Kami juga membutuhkan universitas kami untuk membuka departemen khusus dalam tata rias sinematik. Akan segera ada permintaan besar untuk seniman seperti itu," kata Al-Ameri, seorang aktor.(*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

#Arab Saudi #Bioskop #Pekerja Kreatif
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan