Dunia Geger Kepala Interpol Hilang di China Dunia Geger Kepala Interpol Hilang di China. Foto: NET

MerahPutih.com - Kasus raibnya Kepala Interpol Meng Hongwei saat berkunjung ke China membuat geger dunia internasional. Titik terang keberadaannya mulai muncul ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) China angka bicara.

Lembaga antirasuah negeri tirai bambu itu mengakui tengah menyelidiki kasus korupsi yang diduga turut menyeret Meng ketika diketahui menghilang sebulan terakhir saat berada di negara kampung halamannya China.

"Wakil Menteri Keamanan Umum Meng Hongwei saat ini diselidiki Komisi Pengawas Negara atas dugaan pelanggaran hukum," demikian pernyataan singkat Pengawas penumpasan korupsi China, dikutip di laman resmi mereka, Senin (8/10).

ilus
Ilustrasi orang hilang. (Pixabay)

Meng dilaporkan istrinya hilang setelah pada bulan lalu pergi dari Prancis, markas Interpol berkunjung, ke China. Keluarga Meng sudah tidak mendengar kabar darinya sejak 25 September.

Polisi Prancis telah menyelidiki kasus hilangnya Meng, yang secara resmi di Prancis disebut "penghilangan mengkhawatirkan". Dilansir Antara, Interpol sendiri telah meminta Beijing menjelaskan keadaan bos mereka. Badan Kepolisian Dunia itu telah mengultimatum China secepatnya memberikan informasi terbaru tentang Meng.

Untuk diketahui, Meng, 64 tahun, adalah mantan Wakil Menteri Keamanan Masyarakat di China, yang dipilih untuk memimpin Interpol pada November 2016 untuk masa jabatan empat tahun. Dia adalah warga negara China pertama yang menduduki jabatan tertinggi kepolisian dunia.

kantor interpol
Kantor Pusat Interpol. Foto: NET

Meng memiliki pengalaman hampir 40 tahun dalam bidang peradilan pidana dan kepolisian, serta menangani berbagai isu terkait kelembagaan hukum, pengawasan narkoba, kontraterorisme, pengawasan perbatasan, imigrasi dan kerjasama internasional. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH