Dumolid Bukan Barang Baru, Sempat Ngetop di Era 70-an Lho

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 04 Agustus 2017
Dumolid Bukan Barang Baru, Sempat Ngetop di Era 70-an Lho
Dumolid telah populer di kalangan remaja era 70-an. (Foto: Pixabay)

OBAT penenang bernama dumolid rupanya bukan barang baru. Remaja era 70-an juga telah menggunakannya lho. Kaget? Coba tanyakan pada orangtua Anda yang masih menjadi remaja di tahun 1970-an.

Fenomena pemakaian dumolid di kalangan remaja era 70-an diungkapkan ahli kimia farmasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol Mufti Djusnir. "Dumolid sudah lama dikenal di Indonesia. Sejak banyaknya penyalahgunaan obat dengan nama paten Dumolid ini oleh kalangan remaja para era 1977-an, 1980-an sampai 1990-an," ujarnya baru-baru ini.

Menurutnya, dumolid termasuk obat resmi karena mengandung nitrazepam yang digunakan untuk mengatasi depresi. Namun, banyaknya pihak yang menyalahgunakan zat tersebut membuat pemerintah melarang peredaran dan produksi dumolid.

Jadi sebenarnya dumolid telah lama tidak diproduksi oleh pabriknya. Izin edarnya pun sudah dicabut. Artinya, dumolid kini telah menjadi obat ilegal dan tidak boleh dijual di apotek.

Sejak polisi menangkap pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia, dumolid kembali menjadi pusat perhatian. Orang bertanya-tanya apa itu dumolid. Anda pun pasti begitu, kan? (*)

Sumber: ANTARA

Masih ada fakta-fakta lain tentang dumolid. Cek informasinya pada artikel Simak Yuk, Fakta-Fakta Dumolid, Yang Bikin Tora Ditangkap Polisi.

#Dumolid #Obat Penenang
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan