Dukungan Muchdi Pr ke Jokowi-Ma'ruf Sakiti Perjuangan Korban HAM Wakil Ketua Umum Partai Berkarya, Muchdi Pr

MerahPutih.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempersoalkan Muchdi Pr yang ikut mendukung paslon nomor 01 di Pilpres 2019. PSI menduga bergabungnya petinggi Partai Berkarya hanya untuk mencari sensasi belaka.

Jubir PSI Surya Tjandra mengatakan, jika Muchdi serius mendukung Jokowi-Ma'ruf, maka seharusnya dia bersedia membongkar kasus pelanggaran HAM yang diduga ikut menyeret namanya dan sejumlah koleganya semasa orba berkuasa.

Jubir PSI Surya Tjandra

"Kalau dukungannya memang tulus seharusnya yang bisa dilakukan Muchdi adalah membuka semua nama yang terlibat kasus penculikan aktivis yang boleh jadi memang diketahuinya," kata Surya kepada wartawan, Selasa (12/2).

Meski Muchdi mengaku salut dengan kepemimpinan Jokowi, kata Surya, PSI mengimbau kubu Jokowi-Ma'ruf perlu menyikapi dukungan dengan hati-hati.

Pasalnya, dukungan itu tidak hanya datang dari seorang petinggi sebuah partai yang dipimpin Tommy Soeharto, pewaris sah rezim otoriter Orde Baru, yang adalah juga pendukung capres cawapres nomor urut 02, tetapi khususnya juga karena personal Muchdi Pr sendiri yang dinilai memang bermasalah.

"Kami menilai dukungan orang macam Muchdi tidak hanya menyakiti para pejuang hak asasi manusia yang masih terus berjuang menuntaskan kasus penculikan aktivis, tetapi juga tidak akan menambah elektabilitas Jokowi-Ma’ruf," tukasnya.

Oleh sebab itu, tutur Mantan Aktivis HAM ini, kubu paslon nomor 01 perlu menyikapai dengan bijaksana. Jangan sampai dukungan tersebut hanya dijadikan kedok mencari keuntungan belaka.

"PSI berharap Presiden Jokowi bisa menyikapi hal ini dengan bijaksana, dan terus fokus pada menyampaikan capaian-capaian pembangunan yang sudah kian nyata belakangan ini, terutama rencana pembangunan manusia yang akan menjadi fokus pada periode kedua nanti," tandasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Berkarya, Muchdi Pr. Foto: FIP UMJ
Wakil Ketua Umum Partai Berkarya, Muchdi Pr. Foto: FIP UMJ

Sebelumnya diberitakan, Muchdi Pr menyatakan dukungan terhadap paslon nomor 01 Jokowi-Ma'ruf. Pernyataan itu dinyatakan Muchdi bersama sekitar 1000 Purnawirawan TNI/Polri saat bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo yang digelar di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sayangnya, dukungan Pendiri Partai Berkarya itu tidak diikuti oleh partai yang digagasnya. (Fdi)

Kredit : fadhli


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH