Dukungan GNPF-MUI kepada Jenderal Gatot Disebut 'Testing the Water' Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi pembicara di Muhammadiyah. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Dukungan ormas Islam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 dinilai hanya strategi politik. Tujuannya, untuk mengukur respon publik sebelum mengambil sikap resmi.

"GNPF sebenarnya sedang test the water mengusung Gatot. Ini kan untuk menguji apakah Gatot diterima atau tidak oleh masyarakat," ujar Direktur Populi Center Usep Akhyar saat dihubungi MerahPutih.com, Kamis (7/12).

Padahal, kata dia, wacana Jenderal Gatot disebut-sebut sebagai capres sudah sejak lama dan telah direspon oleh masyarakat.

Menurut Usep, munculnya nama Gatot sebagai capres di Pilpres 2019 merupakan hal positif. Pasalnya, sejak reformasi bergulir tokoh-tokoh yang muncul sebagai kandidat RI 1 hanya diisi oleh muka-muka lama.

"Secara normatif saya kira baik-baik saja. (Gatot jadi kandidat capres), agar ada variasi calon yang muncul di tengah masyarakat jadi tidak monoton itu-itu saja," tandasnya.

Dia menilai, pesta demokrasi elektoral 2019 harus munculkan calon-calon alternatif, agar regenerasi kepemimpinan nasional dapat berjalan dengan baik.

"Sebanyak mungkin saya kira alternatif-alternatif (capres) itu dimunculkan. saya kira itu bagus dalam konteks regenerasi. Cuma selama ini dari beberapa survei yang muncul masih Pak Jokowi dan Pak Prabowo," ujarnya.

Sebelumnya, GNPF-MUI menyatakan sedang melirik Gatot untuk didukung menjadi capres di 2019. Juru Bicara GNPF-MUI Kapitra Ampera mengatakan Jenderal Gatot layak menjadi pesaing Jokowi di Pilpres 2019. Alasannya, Gatot dinilai selama ini dekat dengan ulama.

Jenderal Gatot akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. Posisinya akan diganti oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto yang kemarin telah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. (Pon)

Baca juga berita lain terkait Jenderal Gatot Nurmantyo di: Mengkaji Siapa Layak Gantikan Gatot Nurmantyo

Kredit : ponco


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH