BRI ICE 2022

Dukungan BRI Sukseskan Acara Indonesia Coffee Events 2022

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 31 Juli 2022
Dukungan BRI Sukseskan Acara Indonesia Coffee Events 2022
Dukungan BRI Sukseskan Acara Indonesia Coffee Events 2022 (Foto: Merahputih.com/Akbar)

GELARAN BRI Indonesia Coffee Events (ICE) 2022 sukses digelar selama empat hari berturut-turut, dari mulai 26-29 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pada gelaran ICE 2022, terdapat kompetisi Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC) dan Indonesia Barista Championship (IBC).

BRI Indonesia Coffee Events (ICE) 2022 menghasilkan pemenang di kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC). Nantinya, para juara akan berlaga di kompetisi kopi tingkat dunia di World Coffee Championships.

Baca Juga:

John Richard Christopher, ‘Kuda Hitam' asal Pontianak Rajai IBrC 2022

Kesuksesan acara BRI Indonesia Coffee Events (ICE) 2022 tentunya tidak lepas dari dukungan para sponsor utama, yaitu BRI. Dukungan BRI untuk acara BRI ICE 2022 tentu bukan tanpa alasan. Bank milik negara tersebut ingin memajukan para pelaku usaha kopi, khususnya UMKM.

"Kami peduli terhadap kemajuan UMKM di Indonesia, termasuk juga UMKM kopi yang terlibat di acara ini. Sebagai bank, kami bukan cuma mendukung di pembiayaan, melainkan juga mendukung program-program pemberdayaan di UMKM itu sendiri. Termasuk yang kali ini pemberdayaan ini kami kolaborasi dengan SCAI untuk mendukung Indonesia Coffee Events 2022," tutur Head Of Small and Medium Division of BRI Arie S Miyanti.

Dengan memberikan dukungan kepada BRI Indonesia Coffee Events (ICE) 2022, pihak BRI berharap ekosistem kopi terutama yang terdapat di ICE 2022, yang merupakan industri hilir, bisa lebih terangkat namanya.

Arie mengaku pihaknya sangat mendukung ajang kopi akbar Tanah Air ini terlebih setelah pandemi yang merupakan waktunya para pelaku di industri kopi untuk bangkit.

"BRI sudah mendukung yang kedua kali. ICE 2022 ini lebih banyak teman-teman dari coffee shop, di sini juga ada kompetisi dari para barista, brewer, jadi kami selama ini mendukungnya tak hanya dari hulu tapi juga sampai hilir. Ini salah satu bukti dukungan kami terhadap teman-teman yang ada di hilir industri kopi Indonesia," tambah Arie.

BRI bantu ekosistem kopi dari hulu ke hilir.(Foto: tangkapan layar channel YouTube merahputih.com)

Para petani yang merupakan ekosistem kopi di hulu, kata Arie, turut terbantu dengan adanya BRI. Petani banyak terdapat di pelosok-pelosok, begitu juga dengan BRI yang banyak terdapat di pelosok negeri.

"Selama ini kami banyak berhubungan dengan para petani, dan stimulus yang kami berikan tentu saja sudah lama kami lakukan, Kami menjadi bank penyalur terbesar kredit usaha rakyat (KUR), KUR mikro maupun KUR kecil itu banyak petani bisa mendapatkan stimulus dari kredit pembiayaan di sana, mendapatkan bunga yang lebih murah," ujar Arie.

Selain itu, menurut Arie, peran penting BRI lainnya yakni menciptakan sebuah social value untuk teman-teman UMKM, termasuk teman-teman UMKM Kopi. Pihak BRI berharap di masa depan akan lebih banyak lagi yang turut berkecimpung di acara pemberdayaan.

Baca Juga:

John Sabet Gelar Juara IBrC 2022

BRI sudah membuat sejumlah program pemberdayaan, yaitu BRIncubator, Rumah BUMN, dan Brillian Preneur. BRI juga banyak mempertemukan teman-teman UMKM kopi dengan acara business matching, yakni mempertemukan dengan pembeli potensial dari internasional.

"Harapan kami, kopi indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di Tanah Air, melainkan juga punya specialty coffee unggulan dari Aceh sampai Papua. Nah, itu harus dilakukan promosi secara terus-menerus lewat beberapa pemberdayaan yang kami lakukan," tutur Arie.

BRI terhadap perkembangan kopi Indonesia semakin baik (Foto: tangkapan layar channel YouTube merahputih.com)

BRI berharap komunitas kopi di Indonesia atau perkembangan kopi indonesia khususnya specialty coffee masuk tiga besar untuk eksportir kopi di dunia.

"Saya rasa Indonesia harus punya kekhasan. Specialty coffee itu bisa menjadi salah satu unggulan Indonesia untuk pasar ekspor, banyak di sana yang mungkin tahu kopi itu. Mereka suka, tapi tidak tahu bahwa kopi tersebut dari Indonesia," kata Arie.

Lebih lanjut Arie mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempromosikan specialty coffee Indonesia, bersama-sama membangun seta menjadikan industri kopi Indonesia dengan ekosistem nan efisien dan berkelanjutan. Dengan begitu, kesejahteraan bukan hanya di beberapa pelaku ekosistem, melainkan juga semua ikut merasakan, baik dari tingkat petani di hulu maupun para ritel yang ada di hilir. (Ryn)

Baca Juga:

Yessylia Violin Menangi IBC 2022

#Indonesia Coffee Events
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan