Dukung Pariwisata, Kemenhub Rampungkan Jalur Kereta Api Bandara YIA- Borobudur

KEMENTERIAN Perhubungan tengah meningkatkan konektifitas di wilayah Yogyakarta - Solo - Semarang (Joglosemar). Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan konektivitas dan aksesibilitas transportasi di dua Provinsi ini akan diselesaikan pada akhir tahun 2020.

Salah satunya, kemenhub akan membangun jalur kereta api yang menghubungkan Candi Borobudur dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Baca juga:

Antisipasi Tsunami, Lantai Bandara Internasional Yogyakarta Dibuat 15 Meter

"Konektivitas kereta api dari Yogyakarta menuju Candi Borobudur sudah dirancang. Target akhir tahun depan selesai," kata Menhub Budi usai menjadi keynote speaker pada acara Seminar Tourism Supply Chain Management di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada, Sabtu (21/9).

Menhub Budi pada acara Seminar Tourism Supply Chain Management (Foto: MP/Teresa Ika)
Menhub Budi pada acara Seminar Tourism Supply Chain Management (Foto: MP/Teresa Ika)

Pembangunan jalur kereta ini untuk meningkatkan perkembangan pariwisata di Joglosemar. Lantaran pemerintah menargetkan mendatangkan tiga juta wisatawan asing ke Joglosemar.

Selain itu pihaknya juga akan fokus untuk mengembangkan aksesibilitas transportasi kereta api antar kota mengitari kawasan Jogja, Solo, Semarang, dan kota-kota sekitarnya. Pihaknya juga mengebut pembangunan kereta api menuju bandara YIA dari Kota Yogyakarta. Dengan begitu Menhub berharap akan semakin memudahkan aksesibilitas para pelancong ke lokasi wisata.

Baca juga:

4 Pantai Surganya Mancing Mania di Yogyakarta

"Kita akan kembangkan konektivitas KA ke destinasi wisata di Joglosemar, artinya antara Semarang, Solo, Adisucipto Yogyakarta, Kulonprogo, Purworejo, Tegal balik lagi ke Pekalongan. Itu ada suatu ring kereta api (melingkar)," ujarnya.

Menhub bersama Gubernur Jawa Tengah (Foto: MP/Teresa Ika)
Menhub bersama Gubernur Jawa Tengah (Foto: MP/Teresa Ika)

Kemenhub juga akan membangun infrastruktur lain untuk menunjang aksesibilitas transportasi ke tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan jalur angkutan bus dari Kulon Progo langsung ke Candi Borobudur. Diharapkan jalur ini dapat mendukung aksesibilitas angkutan bus dari Kulon Progo ke Candi Borobudur.

"Jalan dari Kulonprogo ke kawasan Borobudur akan diperlebar. Luas jalan menjadi sembilan meter. Sehingga bus-bus pariwisata bisa leluasa lewat," kata dia.

Baca juga:

Sama Enak, Ternyata Gudeg Yogyakarta, Solo, dan Semarang Punya Perbedaan

Guna mengembangkan konektivitas di Joglosemar, Kemenhub sudah menggelontorkan investasi lebih dari Rp 20 Triliun.

Ia yakin konektifitas dan infrastruktur yang baik dapat meningkatkan kunjingan wisata. Sehingga dapat meningkatkan devisa bagi negara.

Aritkel ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH