Dukung Komikus Indonesia, TipTip dan Komikin Adakan Kompetisi Komik

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 12 Januari 2023
Dukung Komikus Indonesia, TipTip dan Komikin Adakan Kompetisi Komik
Kompetisi terbuka bagi para komikus ternama maupun yang baru saja merintis karirnya. (Foto: Pexels/Felicity Tai)

KESEMPATAN baru bagi para komikus Indonesia. Sebuah platform konten kreator terpadu di Asia Tenggara yaitu TipTip sedang melangsungkan kompetisi komik bertajuk 'Komikin di TipTip', loh.

Tak sendirian, dalam kompetisi komik digital pertama ini TipTip bekerja sama dengan Komikin, sebuah komunitas komik di Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para komikus Tanah Air untuk memamerkan karyanya. Hal ini disampaikan oleh Paulina Purnomowati selaku Chief Marketing Officer TipTip.

"Kami berharap kompetisi ini tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi tetapi juga menjadi tempat untuk mempublikasikannya serta menjual karyanya," ungkap Paulina melalui pernyataan resmi TipTip, Kamis (12/1).

Harapan ini juga dinilai sejalan dengan visi misi perusahaan, di mana mereka berkomitmen untuk membangun lingkungan atau ekosistem ekonomi dari para kreator di Indonesia. Selain menjadi wadah, kompetisi ini juga dapat menjadi kesempatan bagi para komikus untuk lebih menjual alias memonetisasi karya-karya mereka.

Baca juga:

Karakter Komik 'Panji Tengkorak' Diangkat Jadi Film Animasi

Dukung Komikus Indonesia, TipTip dan Komikin Adakan Kompetisi Komik
TipTip adakan kompetisi komik bersama Komikin dalam rangka mendukung komikus Indonesia. (Dok. TipTip)

TipTip bersama Komikin menjanjikan hadiah sebesar 35 juta rupiah bagi para pemenang nantinya. Komikus yang meraih juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar 20 juta rupiah, juara kedua sebesar 10 juta rupiah, dan juara ketiga sebesar 5 juta rupiah.

Lebih jauh, kompetisi komik ini terbuka bagi seluruh pihak. Jadi, tidak terbatas pada komikus berbakat saja. Semua kreator, termasuk yang baru terjun ke dalam bidang ini pun diharapkan dapat ikut meramaikan kompetisi. Sebab, menurut Paulina masih banyak konten kreator berbakat di luar sana tetapi terkendala oleh beberapa hal.

Bagi komikus yang ingin bergabung di kompetisi ini, mereka bisa mulai membuat akun di platform TipTip. Para komikus bisa mengumpulkan komik yang memuat minimal 10 halaman A4 dengan memilih 1 dari 3 tema. Ada kehidupan sehari-hari (daily life), harapan, serta cinta.

Baca juga:

'Yogyakarta Komik Weeks 2022' Rekam Ketangguhan Seniman Komik Merespons Zaman

Dukung Komikus Indonesia, TipTip dan Komikin Adakan Kompetisi Komik
Kompetisi ini bertujuan memberikan ruang bagi para komikus untuk memamerkan serta memonetisasi karya. (Foto: Dok. TipTip)

Kriteria dari komik yang akan dilombakan adalah komik yang belum pernah dipublikasikan atau dijual sebelumnya. Komikus bisa memasukkan karya mereka ke kompetisi ini hingga 6 Februari mendatang.

"Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang terkait dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga mendorong memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi," ungkap Aruga Perbawa selaku Ketua Umum Komikin.

Seluruh karya di kompetisi 'Komikin di TipTip' akan dinilai oleh tiga juri. Pertama ada kartunis ternama Indonesia yaitu Nice Cartoon. Kedua ada Sheila Roswitha Putri selaku komikus yang kerap terinspirasi dari kesehariannya. Ketiga ada Aruga Perbawa.

Kriteria dan persyaratan lomba dapat dibaca lebih lanjut oleh komikus melalui akun resmi media sosial TipTip serta Komikin. (mcl)

Baca juga:

Wajib Baca, 5 Komik Manga Jepang Terbaik Versi MyAnimeList

#Komik #Hobi #Komik Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan