Dukung Kemauan Anak Berolahraga Tanpa Keluar Banyak Biaya

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 05 November 2022
Dukung Kemauan Anak Berolahraga Tanpa Keluar Banyak Biaya
Ada sejumlah tips untuk mendukung passion olahraga anak tanpa menguras kantong. (Pexels/Lukas))

OLAHRAGA adalah salah satu kesukaan anak-anak. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Olahraga disukai beragam mulai dari lari, berenang, futsal, basket, sampai ke bulu tangkis. Terlepas dari manfaat menyehatkannya, passion dan hobi olahraga pada anak bisa jadi salah satu hal yang menguras kantong.

Anggap anakmu suka dan berbakat dalam sepak bola. Kamu tentu harus menyediakan biaya untuk membelikannya baju jersey dan sepatu khusus bermain bola. Belum lagi jika anak mengikuti klub khusus bermain bola dan bergabung ke suatu tim. Meski menguras banyak biaya, kamu sebagai orang tua pasti ingin mendukung cita-cita anak, kan?

Mengacu pada laman Life Hacker, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu coba dalam menghemat pengeluaran sambil tetap mendukung bakat anak di bidang olahraga.

Baca Juga:

Pandemi Pengaruhi 3 Aspek Penting dalam Proses Tumbuh Kembang Anak

anak
Mendaftarkan beberapa anak di tim dan sekolah yang sama dapat membuat pengeluaranmu jadi lebih hemat. (Pexels/Rodnae Productions)

Jenis olahraga yang terjangkau


Sepakbola, bola basket, dan lari adalah dua cabang olahraga yang tak memerlukan biaya terlalu mahal. Orangtua hanya perlu membelikan sepatu dan baju yang dipakai dalam berolahraga. Dua olahraga itu terasa jauh lebih murah bila dibandingkan dengan contohnya go-kart, jetski, ice skating dan lainnya yang sejenisnya.

Ajak anak mendalami olahraga yang sama


Ketika memiliki lebih dari satu anak, otomatis pengeluaran akan berlipat juga. Untuk menekan pengeluaran, kamu bisa mengajak anak-anak mendalami olahraga yang sama, misalnya bulu tangkis. Jadi, ketika sang kakak sudah dewasa, sang adik bisa memakai kembali raket, kaus, atau sepatu milik sang kakak. Mereka juga bisa didaftarkan pada sekolah yang sama supaya bisa mendapatkan diskon.

Baca Juga:

Jurus Jitu Mengatasi Tantrum pada Anak Berkebutuhan Khusus

anak
Ada baiknya membeli serta menjual kembali peralatan olahraga dari anak. (Pexels/Kampus Production)

Beli dan jual peralatan olahraga yang sudah dipakai


Seorang anak biasanya mudah kehilangan mood terhadap suatu hal, termasuk olahraga. Maka dari itu, hindari membeli peralatan olahraga baru yang berpotensi hanya dipakai sebentar. Sebaliknya, kamu bisa membeli peralatan olahraga bekas atau pernah dipakai yang kondisinya masih bagus. Sebab harganya pasti jauh lebih murah. Kamu juga bisa menjualnya kembali jika sudah tak terpakai nanti.

Beli alat kelengkapan olahraga saat sedang diskon


Pada bulan dan musim tertentu, biasanya harga pakaian dan alat olahraga akan turun harga. Misalnya ketika musim hujan, biasanya toko pakaian renang akan memberikan diskon karena jarang orang berenang di musim itu. Nah, kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membeli alat serta pakaian olahraga dengan harga yang lebih murah. (mcl)

Baca Juga:

Ketika Anak Tumbuh Gigi, Begini Cara Menanganinya

#Lipsus November Anak-anak #Olahraga #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan