Dukung Jokowi, TGB Incar Kursi Menteri? Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. ( Foto: Antara )

MerahPutih.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua sebagai Presiden RI.

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsudin Haris menilai, dengan mendukung Jokowi, TGB tengah berupaya masuk ke pentas politik nasional.

"Pak TGB saya pikir dia melihat peluang bagi dia pribadi ke depan. Kan sudah tidak bisa menjadi kepala daerah lagi. Dia kan harus mencari peluang politik," kata Haris dalam diskusi bertajuk "Presidential Race: Siapa Lawan Tanding Jokowi?" di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (6/7).

Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi. ANTARA FOTO

Menurut Haris, peluang TGB masuk ke kancah politik nasional memang relevan dengan mendukung Jokowi. Pasalnya, hingga saat ini belum ada calon kuat yang berpotensi mengalahkan Jokowi.

"Nah peluang politik itu dalam kacamata dia ada bila mendukung Jokowi ketimbang mendukung kekuatan oposisi. Saya pikir lebih ke situ," jelas dia.

Haris melanjutkan, dukungan TGB ke Jokowi tidak akan berakhir dengan posisi cawapres. Menurut dia, Jokowi hanya akan memberikan jatah kursi menteri kepada TGB jika terpilih kembali sebagai presiden.

"Paling tidak mungkin bagi TGB bisa menjadi salah satu pejabat nanti pada kepemimpinan Jokowi pada masa bakti kedua. Entah menjadi menteri, entah menjadi apalah," ujarnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi

Meski demikian, kata Haris, dukungan TGB kepada Jokowi tidak memiliki efek signifikan secara elektoral. Pasalnya, dukungan TGB bersifat pribadi sehingga kader Demokrat tidak akan terpengaruh.

"Enggak juga. Enggak. TGB bagi saya NTB aja," pungkasnya. (Pon)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH