Dukung Antirasialisme, L'oreal tidak Lagi Gunakan Kata 'Pemutih' L'oreal menghapus kata pemutih dan pencerah pada produk mereka.(foto: businessoffashion. com)

ISU rasialisme memengaruhi banyak sektor. Tak sedikit bisnis yang simpati pada gerakan Black Lives Matter. Sebagai bentuk dukungan dan kesadaran akan isu kesetaraan ras, sejumlah brand melakukan penyesuaian pada produk mereka.

Disneyland, misalnya. Mereka rela mengubah sebuah wahana demi merespons isu kesetaraan rasialis. Kini, perusahaan kosmetik terbesar di dunia, L'Oreal, ikut ambil bagian. Brand kosmetik itu akan menghapus kata-kata 'pemutih' dan 'pencerah' pada setiap deskripsi produk mereka. Hal itu sebagai bentuk dukungan L'Oreal terhadap isu Black Lives Matter.

BACA JUGA:

Disneyland Ubah Wahana Splash Mountain

Melansir Reuters, Unilever dan L'Oreal ialah dua perusahaan yang merajai pasar global dalam kosmetik pencerah kulit yang banyak dipakai di Asia, Afrika, dan di negara-negara Karibia.

Pada awal Juni, L'Oreal mencicitkan tentang solidaritas bersama warga kulit hitam dan menolak rasisme dalam bentuk apa pun. Perusahaan kosmetik asal Prancis itu mulai mengambil tindakan tersebut setelah menghadapi beberapa kritik.

Cicitan tersebut sontak mengundang kritik. L'Oreal dinilai munafik terlebih setelah mereka memutus kontrak dengan model Inggris, Munroe Bergdorf, pada 2017. Pemutusan kontrak itu terjadi setelah Bergdorf mengomentari rasialisme sistemik.

face
Tak ada lagi kata 'pemutih' atau 'pencerah' dalam deskripsi produk. (foto: wellnessogi)

Bergdorf juga mengkritik L'Oreal atas pesan solidaritas terhadap Black Lives Metter seperti 'melemparkan Bergdorf ke serigala' setelah menyuarakan tentang rasisme dan supremasi kulit putih.

Bergdorf ialah model transgender pertama yang direkrut L'Oreal. Namun, tidak lama setelah itu, L'Oreal menyesal dan kemudian merekrut Bergdorf sebagai dewan penasihat untuk urusan keberagaman dan inklusi di perusahaan cabang Inggris.

Sebelum L'Oreal, Unilever India dan Bangladesh sudah terlebih dahulu mengambil tindakan menghilangkan kata 'pemutih' dan 'pencerah' pada produk mereka sebagai komitmen dan penghormatan semua warna kulit.(ray)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH