Oscar 2021
Duit di Balik Piala Oscar (cover) Pemenang Oscar tidak mendapatkan hadiah uang tunai secara langsung. (Foto Instagram@theacademy)

PIALA emas berbentuk manusia jadi satu benda yang paling diincar di malam penghargaan Academy Awards setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, kemenangan itu merupakan sebuah hal yang sangat prestisius. Setelah memenangi Oscar, para aktor dan aktris tidak hanya pulang dengan kemenangan sesaat maupun piala fisik semata. Lebih jauh dari itu, piala ini sering dikaitkan dengan bayaran.

Apakah pemenang Oscar mendapatkan uang saat memenangi Academy Award? Jawaban langsungnya ialah tidak. Namun, jawaban jangka panjang iya. Ketika namanya diumumkan sebagai pemenang, aktor atau aktris hanya naik ke panggung, membagikan pidatonya, dan turun dengan piala di tangan. Mereka tidak mendapatkan hadiah uang tunai apa pun. Akan tetapi, setelah malam itu berakhir, level mereka akan berubah jadi salah satu nama yang patut diperhitungkan. Otomatis, tawaran pekerjaan amat mungkin ikut meningkat. Begitu pula dengan gaji yang diterima.

BACA JUGA:

Youn Yuh-jung, Aktris Pertama Korea Selatan yang Menangi Best Supporting Role Oscar

Pastinya kamu sering melihat pihak produksi film mempromosikan artisnya sebagai 'Academy Award Winner' atau 'Academy Award Nominee'. Tujuannya ialah menggaet penonton dan memberitahukan bahwa artis pilihannya sudah diakui kritikus dunia. Hal tersebut datang dengan bayaran mahal, secara harafiah. Pembuat film tentu akan lebih rela merogoh kocek yang lebih besar untuk mereka yang namanya sudah disertai dengan embel-embel Oscar. Memiliki pemenang atau nomine Oscar dalam film akan menambah nilai serta citra baik yang membantu seluruh proses produksi. Jadi wajar saja kalau para bintang ini jadi incaran.

Oscar
Pemenang atau nomine Oscar sering diincar oleh pihak produksi film karena akan meningkatkan citra filmnya secara keseluruhan. (Foto Instagram@theacademy)

'Money Nation' menyebutkan para pemenang Oscar mendapatkan kenaikan gaji rata-rata sebesar 60 persen. Ada yang lebih tinggi dan rendah dibandingkan angka tersebut. Semua tergantung posisi aktor dan aktris tersebut dalam karier mereka. Brad Pitt misalnya, setelah menang berkat 'Once Upon a Time in Hollywood' tahun lalu, mungkin ia tidak terlalu banyak menaikkan upahnya sebab ia memang sudah menjadi aktor A-list dengan bayaran tinggi. Beda cerita dengan aktor aktris pendatang baru atau mereka yang masih merintis. Kemenangan Oscar tentunya akan secara signifikan mengubah hidupnya, terutama dalam hal upah.

BACA JUGA:

Closing Oscar 2021 Antiklimaks, ini Daftar Lengkap para Pemenang

"Nominasi dan kemenangan Oscar ibarat segel persetujuan bagi aktris atau aktornya. Sebagian besar agen yang pernah saya ajak bicara mengatakan bahwa kemenangan Oscar berkorelasi dengan kenaikan 20% pada harga yang diminta untuk film mereka berikutnya," ucap penulis Celebrity Inc: How Famous People Make Money, Jo Piazza.

Ada beberapa contoh nyata bagaimana Oscar mengubah hidup para bintang. Halle Berry dilaporkan mendapatkan peningkatan 98% setelah menang di Oscar 2002 untuk Monster's Ball. Dari gaji rata-rata US$118,750 (Rp1,72 miliar) menjadi US$6,5 juta (Rp94,4 miliar). Begitu pula Tom Hanks yang mengalami peningkatan bayaran sebesar 93% setelah kemenangan Oscar pertamanya untuk Philadelphia pada 1994. Sebelumnya, ia mendapatkan rata-rata US$700 ribu (Rp10,1 miliar). Setelahnya bayaran Hanks melesat jadi US$10 juta (Rp145,2 miliar).

oscar
Piala Oscar yang didapatkan para aktor dan aktris secara tidak langsung mendatangkan hadiah uang tunai untuk jangka panjang. (Foto Instagram@theacademy)

Jennifer Lawrence juga dikabarkan menggadakan gajinya setelah mengantongi piala Aktris Terbaik berkat perannya di Silver Linings Playbook. Sementara itu, Hillary Swank mengaku hanya dibayar US$3000 (Rp43,5 juta) untuk proyek Boys Don't Cry. Baru kemudian setelah menang Oscar, ia bisa mendapatkan lebih dari US$1 juta (Rp14,5 miliar)

Sayangnya, beberapa tidak seberuntung itu. Kate Winslet hanya naik dari sekitar US$2 juta (Rp29 miliar) menjadi US$2,5 juta (Rp36,3 miliar) setelah memenangi Aktris Terbaik untuk The Reader pada 2009 silam.

Jadi meskipun tidak mendapatkan hadiah uang sekalipun, menang di ajang Oscar merupakan kemenangan masif untuk jenjang karier para pegiat film. Apalagi jika tidak menang sekalipun, tas hadiah yang diberikan setiap tahunnya sudah cukup mewah dan impresif sebagai pengganti uang tunai.(sam)

BACA JUGA:

Chloe Zhao Jadi Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Oscar

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Mengerti Blind Spot Agar Terhindar Dari Kecelakaan
Fun
Pentingnya Mengerti Blind Spot Agar Terhindar Dari Kecelakaan

Kenali titik-titik blind spot agar terhindar dari kecelakaan.

Terdapat 'Celah' Pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas
Fun
Terdapat 'Celah' Pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas

Peneliti menemukan celah pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas

Apa yang akan Terjadi Ketika Ratu Elizabeth II Meninggal?
ShowBiz
Deretan Manfaat Membiasakan Anak Mencuci Tangan
Fun
Deretan Manfaat Membiasakan Anak Mencuci Tangan

Para orang tua perlu membiasakan gaya hidup bersih dan sehat kepada anak-anak.

Kemenpora Dukung Anak Muda Buka Lapangan Kerja Baru
Fun
Kemenpora Dukung Anak Muda Buka Lapangan Kerja Baru

Diharapkan dapat membawa perubahan bagi bangsa.

EQ Tinggi itu Superpower, Kenali Bentuknya dalam Kehidupan Sehari-hari
Fun
EQ Tinggi itu Superpower, Kenali Bentuknya dalam Kehidupan Sehari-hari

EQ atau kecerdasan emosional mengilhami kolaborasi, memfasilitasi kepercayaan dalam hubungan, dengan kualitas superpower

Desa Tanjungjaya Terima Vaksin Sinovac dari JHL Group
Fun
Desa Tanjungjaya Terima Vaksin Sinovac dari JHL Group

Terdiri dari anak sekolah hingga lansia.

Etis Enggak Sih Mendaku Diri Sebagai Jagoan Negeri Aing?
Hiburan & Gaya Hidup
Etis Enggak Sih Mendaku Diri Sebagai Jagoan Negeri Aing?

Berikan apresiasi pantas terhadap dirimu sendiri

Doa 'Serta Mulia' pada Single Terbaru Sal Priadi
ShowBiz
Doa 'Serta Mulia' pada Single Terbaru Sal Priadi

Single baru Sal Priadi merayakan momen-momen penting dalam hubungan asmara.

500 Barang Pribadi Sylvester Stallone Dilelang
ShowBiz
500 Barang Pribadi Sylvester Stallone Dilelang

Barang-barang Stallone dilelang karena ia ingin pindah rumah.