Duh, Warga Yogyakarta Sering Lupa Cabut Kunci Motor Direskrim Mum Polda AKBP Hadi (kedua dari kiri) tengah mengimbau warga untuk tidak ceroboh meninggalkan kunci motor. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Warga Yogyakarta banyak yang suka ceroboh meninggalkan kunci di motor. Hal ini menjadi pemicu utama kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Yulianto menjelaskan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah DIY selama liburan Natal 2017 dan tahun baru 2018 meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Setidaknya Polda DIY melaporkan ada 13 kasus pencurian kendaraan bermotor selama Operasi Lilin Progo 2017.

"Tahun 2016, kasus Curanmor selama Operasi Lilin Progo hanya 2 kasus. Kalau tahun 2017 naik signifikan terjadi 13 kasus," katanya saat jumpa pers di Mapolda DIY, Selasa, (2/01).

Ke-13 kasus curanmor ini sebagian besar terjadi di Kabupaten Sleman. Direktur Reskrimmum Polda DIY AKBP Hadi Utomo menjelaskan warga paling sering lupa mengambil kunci motor saat memarkirkan kendarannya di tempat parkir umum.

"Seluruh motor yang hilang diparkir di tempat umum. Seperti di pertokoan, area kampus parkiran umum, dan di toko berjejaring. Alasannya karena lupa cabut kunci motor. Ada yang bilang karena cuma sebentar belanja barang jadi ditinggal kuncinya," jelas Hadi.

Adanya asuransi kendaraan yang akan mengembalikan motor baru yang hilang turut membuat warga semakin cuek dengan keberadaan motor. Hadi melanjutkan ada pula pencuri motor yang merusak tempat kunci dan membawa kabur motor dengan kunci T.

Namun jika dibandingkan dengan provinsi lain, DIY masih masuk provinsi terendah tingkat pencurian motor. Ia mengimbau masyarakat agar tidak ceroboh dan meninggalkan kunci motor sembarangan. Sebab kejahatan selalu timbul jika ada kesempatan. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Liburan, Ribuan Orang Kena Tilang di Yogyakarta


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH