Duh, Gaya Rambut Ponytail Ternyata Bisa Bikin Sakit Kepala Gaya rambut ponytail sebabkan sakit kepala (Foto: Pexels/Edgar Martinez)

PENYANYI Ariana Grande selalu terlihat seksi dan bold dengan gaya rambut ponytail. Gaya itu sudah jadi trademark pelantun Thank You, Next itu. Namun, di balik penampilan khas itu, Grande menyimpan kisah sedih. Pada 2018 silam, penyanyi 26 tahun itu mengeluh kepalanya sering sakit gara-gara kerap menggunakan gaya rambut tersebut.

Namun, apa benar sakit kepala Grande karena gaya rambutnya itu? Faktanya, menurut sebuah penelitian,gaya rambut ponytail bisa membuat rambutmu terserang alopecia, kerontokan rambut karena penyakit autoimun. Demikian dilansir Huffpost.

Baca juga:

Gaya Rambut Sempurna Untuk Perempuan Berkacamata

Untuk soal sakit kepala karena kuncir, Wade Cooper, Profesor di Universitas Michigan, mengatakan ponytail membuat kepala sakit karena ada saraf di kepala yang tertarik.

Pada awalnya memang tidak sakit, tapi karena durasi, rasa sakit akan memuncak di kepala. "Saraf-sarat itu menjadi semakin sakit. Akhirnya itu mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak itu sendiri," ujarnya.

Perempuan yang sering migrain besar kemungkinannya mengalami sakit kepala saat rambutnya dikuncir (Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester)

Sependapat dengan Cooper, Kiran Rajneesh, Asisten Profesor Neurologi di Universitas Ohio State, mengatakan ada istilah lain dari rasa sakit akibat gaya rambut ponytail. Istilah itu bernama Allodynia, sensasi rasa sakit yang tak biasa pada kulit.

Rasa sakit yang sama juga bisa dirasakan pada atlet renang yang menggunakan penutup kepala. Terlalu lama memakai penutup kepala juga bisa menimbulkan sakit kepala sama seperti rambut dikuncir.

Baca juga:

Penderita Migrain Masih Boleh Berolahraga

Sebenarnya tidak semua perempuan yang menguncir rambutnya mengalami sakit kepala. Namun, bagi perempuan yang sering migrain, kemungkinan besarnya bisa mengalami sakit kepala saat rambutnya dikuncir. "Orang yang mengalami migrain seringkali lebih sensitif terhadap perubahan suhu dan sumber ketidaknyamanan lainnya," tutur Cooper.

Semakin lebat rambut, bisa terasa sakit ketika dikuncir (Foto: Pexels/Chloe Kala)

Begitu pula dengan perempuan yang memiliki rambut lebat. Semakin lebat rambutnya, kemungkinan besarnya mereka akan mengalami sakit kepala karena menguncir rambut. Bahkan gaya rambut cepol menggunakan jepitan rambut juga bisa menimbulkan sakit kepala.

Penyebab lain yang membuat kulit kepala sensitif dengan gaya rambut ponytail ialah karena kurang tidur, perubahan hormon, dan siklus menstruasi.

Kalau kamu memang menyukai gaya rambut ini, usahakan jangan terlalu tinggi mengikat rambutmu, karena itu semakin menarik rambut. Usahakan menguncir rambutmu lebih rendah agar tidak terlalu menarik kulit kepala. (ikh)

Baca juga:

Cabai Rawit Bermanfaat untuk Rambut Perempuan Berhijab, Panas Dong?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH