Duh, BNPB Belum Terima Informasi Apapun dari Donggala 24 Jam Setelah Gempa

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Sabtu, 29 September 2018
Duh, BNPB Belum Terima Informasi Apapun dari Donggala 24 Jam Setelah Gempa
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (BNPB)

MerahPutih.com - Petugas gabungan masih kesulitan untuk memberikan bantuan dan mengevakuasi korban gempa bumi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga lebih dari 24 jam belum bisa mendapatkan informasi apapun dari sana.

"Donggala belum dapat informasi apapun komunikasi masih putus lumpuh total di Donggala padahal itu daerah terdampak luas," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (29/9).

Kabupaten Donggala merupakan wilayah pusat gempa 7.4 Skala Richter (SR). Bencana tersebut terjadi kemarin sekira pukul 17:02:44 WIB atau sekitar pukul 18:02:44 WITA. Tetapi, hingga 1×24 jam belum diketahui bagaimana kondisi dilokasi itu.

gempa donggala
Kerusakan akibat Gempa Donggala yang terjadi Jumat (28/9) kemarin. Foto: Twitter/ @Sutopo_PN

Menurut Sutopo, akses jalan menuju Donggala juga menjadi salah satu faktor terhambatnya bantuan ke daerah tersebut. Apalagi dengan lumpuhnya jaringan komunikasi di Donggala.

"Proses evakuasi masih dilakukan jadi diperkirakan jumlah korban, banyak, baik disebakan gempa di Donggala maupun oleh tsunami," tandas pejabat BNPB itu.

Hingga sore ini, BNPB mencatat, ada 384 korban meninggal dunia pasca-kejadian Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Wilayah yang paling terdampak antara lain, di Kabupaten Donggala antaranya, Balaesang, Balaesang Tanjung, Banawa, Banawa Selatan, Banawa Tengah, Dampelas, Labuan, Sindue, Sindue Tobata, Sindue Tombusabora, Sirenja, Sojol, dan Tanantovea. (Pon)

#Gempa Donggala #Gempa Bumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan