Dugaan Plagiarisme untuk MV Girl Grup Baru NMIXX

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 25 Februari 2022
Dugaan Plagiarisme untuk MV Girl Grup Baru NMIXX
Girl Grup baru asal JYP Entertainment telah melakukan debutnya. (Foto: KpopStarz)

DEBUT girl grup baru adalah hal yang paling dinanti-nantikan oleh banyak netizen. Namun belum lama ini agensi JYP Entertainment mendapatkan kecaman setelah girl grup baru di bawah naungan mereka debut.

Bersumber dari koreaboo, belum lama ini JYP Entertainment mendebutkan girl grup yakni NMIXX. Namun girl grup yang baru melakukan debutnya ini mendapatkan reaksi yang cukup beragam. Reaksi ini ditunjukkan untuk JYP Entertainment, dimana perusahaan tersebut mendapatkan banyak kecaman karena diduga menjiplak grup lain untuk video musik debut NMIXX OO.

Baca juga:

Tamat, Simak 5 Momen Menyentuh di Drama 'Ghost Doctor'

Video musik yang belum lama dirilis ini menampilkan beberapa konsep yang berbeda yang menonjolkan kekuatan dari girl grup baru tersebut namun tetap menyenangkan dan juga penuh warna. Dalam MV tersebut juga memperlihatkan keragaman citra, suara, dan genre yang luas di dalam lagu yang konsisten dengan konsep grup NMIXX, grup yang memiliki suara eksperemintal yang menggabungkan berbagai genre untuk menciptakan genre baru dari MIXX POP.

JYP Entertainment mendapatkan kecaman karena konsep pengambilan gambar memiliki kemiripan dengan Boy Grup ATEEZ. (Foto: news.sbs.co.kr)
JYP Entertainment mendapatkan kecaman karena konsep pengambilan gambar memiliki kemiripan dengan Boy Grup ATEEZ. (Foto: news.sbs.co.kr)

Sebagian besar netizen menyetujui bahwa semua anggota girl grup tersebut memiliki bakat hebat dan juga memiliki banyak potensi. Di sisi lain banyak penggemar yang menunjukkan bahwa MV OO milik NMIXX memiliki kemiripan yang cukup kuat dengan beberapa video musik lain yang tentunya hal ini tidak dapat diabaikan.

Penggemar merasa bahwa beberapa pengambilan gambar tertentu memiliki kemiripan dengan video musik milik boy grup ATEEZ khususnya untuk MV Illusion. ATEEZ adalah grup dengan latar belakang bajak laut dan sering menampilkan kapal di dalam video musik mereka. Namun terdapat sebuah kapal di MV OO NMIXX yang hampir mirip dan diduga sangat dekat dengan plagiarisme konsep milik ATEEZ.

Baca juga:

April, BTS Konser di Las Vegas

Studio DIGIPEDI yang memproduksi OO adalah studio yang pernah bekerja sama dengan ATEEZ sebelumnya, yang dapat menjelaskan kesamaan di antara video-video tersebut. Namun diketahui bahwa DIGIPEDI tidak memproduksi video musik Illusion milik ATEEZ. Hal ini pun membuat kesamaan tersebut lebih sulit untuk dijelaskan.

Di sisi lain, sebagian besar penggemar setuju bahwa sangat normal untuk sebuah video yang berbeda namun memiliki set dan tema yang sama, namun sebagian besar video harus tetap memiliki konsep unik mereka sendiri yang berbeda dari yang lain.

Beberapa bagian yang dianggap memiliki kemiripan dengan boy grup lain. (Foto: koreaherald)
Beberapa bagian yang dianggap memiliki kemiripan dengan boy grup lain. (Foto: koreaherald)

Sayangnya video musik NMIXX memiliki kemiripan yang lebih dari sekadar dari penggunaan kapal bajak laut. Alhasil sebuah tagar diramaikan oleh para penggemar di Twitter untuk meminta JYP Entertainment menjelaskan dugaan plagiarisme tersebut.

Selain masalah dugaan plagiarisme dalam video musik, netizen juga mengklaim bahwa genre baru 'MIXX POP' tidak seperti baru atau asli seperti yang diklaim oleh JYP Entertainment. MIXX POP dianggap inovatif karena menggabungkan lagu dari genre yang berbeda menjadi satu lagu eksperimental, para penggemar menunjukkan bahwa girl grup aespa telah melakukan hal tersebut.

Di sisi lain banyak penggemar yang menyadari bahwa terkait masalah video musik dan genre baru adalah masalah yang berbeda dan tidak berkaitan dengan anggota NMIXX, yang bakatnya tetap harus diberikan sebuah apresiasi. (Pid)

Baca juga:

Konser 'Permission to Dance on Stage' BTS Bakal Disiarkan Langsung di Bioskop

#Musik #Girl Band
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan