Duel Tiga Pemain Kunci Kroasia Vs Inggris Harry Kane v Luka Modric. Foto: Sporting News

MerahPutih.com - Kroasia bakal menjalani laga berat melawan Inggris pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB.

Bagi Inggris, ini merupakan kali pertama mereka tampil di empat besar dalam 28 tahun. Sedangkan Kroasia terakhir kali tampil di semifinal pada 1998 atau 20 tahun silam.

Inggris v Kroasia di Piala Eropa 2004. Foto: Dailymail

Pertarungan sengit akan tersaji di Luzhniki, saat Inggris yang dihuni banyak pemain muda melawan sekumpulan pemain dengan jam terbang tinggi di kubu Kroasia.

Berikut tiga duel kunci pada laga Kroasia kontra Inggris yang dapat menentukan hasil akhir.

Jordan Henderson vs Luka Modric

Jordan Henderson. Foto: Zimbio

Hanya berselang enam pekan dari laga final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool, Luka Modric kembali berhadapan dengan Jordan Henderson.

Kali ini Henderson memiliki kesempatan untuk membalaskan kegagalannya sekaligus memperpanjang catatan apiknya bersama timnas Inggris. Bersama The Three Lions, Henderson belum pernah merasakan kekalahan dalam 30 laga terakhir, rekor terlama dalam sejarah Inggris.

Di Piala Dunia 2018, peran Henderson dalam skuat asuhan Gareth Southgate sangat vital lewat distribusi bola dan kepemimpinanya. Kehadirannya di lini tengah membebaskan Jesse Lingard dan Dele Alli untuk membantu serangan.

Luka Modric. Foto: Zimbio

Namun, Henderson dihadapkan dengan pekerjaan paling berat sepanjang turnamen saat meladeni Modric, yang tampil konsisten di Rusia. Modric adalah segalanya bagi Kroasia.

Pemain Real Madrid itu menjadi pengatur irama permainan, pemberi umpan, hingga menjadi pencetak gol bagi timnya. Dan, Modric sudah menjalankan tugasnya sangat baik. Terbukti dari empat laga yang dijalaninya pada turnamen ini, tiga kali Modric terpilih menjadi man of the match.

Harry Kane vs Dejan Lovren

Harry Kane. Foto: zimbio

Kubu Kroasia wajib cemas dengan potensi duel Dejan Lovren dengan Harry Kane. Pasalnya, dalam pertemuan terakhir, Lovren gagal total. Bahkan banyak yang mengira karier Lovren selesai usai berduel dengan Kane saat Liverpool melawan Tottenham Hotspur pada Oktober silam.

Pada laga itu, Liverpool kalah 1-4 oleh Spurs dan Lovren menjadi kambing hitam. Lovren gagal menjalankan tugasnya. Saking mengecewakannya Lovren harus ditarik keluar saat laga belum genap satu jam. Semua itu disebabkan oleh seorang pemain bernama Harry Kane.

Pada Piala Dunia 2018 Lovren sukses menjadi jenderal barisan pertahanan Kroasia. Ketangguhannya bahkan membuat bintang seperti Lionel Messi tidak bisa berbuat banyak. Dan, kini menjadi momen yang tepat bagi Lovren membalaskan kegagalannya.

Dejan Lovren. Foto: Zimbio

Namun, meredam Kane bukanlah tugas yang mudah. Malah ini adalah ujian berat bagi Lovren. Apalagi, sejarah menunjukkan Lovren selalu kerepotan menghadapi Kane. Total, Kane berhasil membuat lima gol dalam lima pertemuan melawan Lovren.

Kieran Trippier vs Ivan Perisic

Kieran Trippier. Foto: Zimbio

Pertarungan Kieran Trippier kontra Ivan Perisic berpotensi menjadi duel paling sengit dalam laga ini. Skema permainan dari kedua kubu akan membuat keduanya beradu frontal sepanjang permainan.

Trippier merupakan salah satu pemain Inggris yang bersinar sepanjang turnamen. Kualitasnya dalam melepaskan umpan silang membuat Trippier dijuluki “Bury Beckham”. Trippier bahkan mampu bersaing dengan Neymar dan Kevin De Bruyne dalam hal menciptakan peluang dalam turnamen kali ini.

Dengan pola tiga bek dan penempatan Kyle Walker sebagai salah satu dari trio di sisi kanan membuat leluasa maju tiap kali ada kesempatan. Namun pada laga kali ini, Trippier akan diuji kemampuan bertahannya oleh Perisic.

Ivan Perisic. Foto: Zimbio

Pemain sayap Inter Milan memang perlu diwaspadai. Perisic sudah membuat lima gol dalam 11 penampilannya dalam turnamen internasional. Di antara lini serang Kroasia lain, Perisic memiliki yang bakal merepotkan Inggris, terlebih saat Trippier lupa bertahan. (*/Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH