Kesehatan

Duduk saat Berkeringat Rentan Jamur dan Bakteri

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 10 April 2021
Duduk saat Berkeringat Rentan Jamur dan Bakteri
Kebiasaan yang ternyata buruk. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

KETIKA selesai berolahraga, kamu pasti langsung duduk menyender dengan pakaian olahraga yang basah dan penuh keringat. Kebiasaan yang dianggap wajar ternyata bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Lalu, seberapa buruk hal ini menurut pakar kesehatan?

“Saat keringat bergabung dengan bakteri pada kulit. Maka dapat menimbulkan bau busuk yang juga dikenal sebagai bau badan. Pakaian berkeringat menyerap bau itu dan membuat bau badan alami jauh lebih buruk dari sebelumnya,” kata pakar dermatologi Annie Gonzalez mengutip Insider.

Baca juga:

Ini Beberapa Penyebab Kenapa Kamu Berkeringat Saat Tidur

Duduk saat Berkeringat Ternyata Berbahaya
Pori-pori akan terbuka sehingga memudahkan kotoran dan kuman masuk ke bawah permukaan kulit. (Foto: Unsplash/Sarah Cervantes)

Enggak cuma itu, duduk santai dalam keadaan berkeringat bahkan bisa lebih bahaya dari bau badan. Flek atau bercak-bercak di punggung dan dada bisa menjadi masalah baru yang muncul. Pasalnya saat kamu berkeringat, pori-pori akan terbuka sehingga memudahkan kotoran dan kuman masuk ke bawah permukaan kulit.

“Kelembaban pakaian yang berkeringat bisa dengan mudah menahan bakteri. Dengan tidak berganti pakaian atau mandi, bakteri bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat,” kata Gonzalez.

Menurut laman Johns Hopkins Medicine, berbagai jenis jamur dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembab termasuk bra atau celana pendek olahraga yang berkeringat. Jamur yang biasanya ditemukan di kulit dapat menyebabkan infeksi berlebih.

Itu sebabnya, memakai pakaian yang berkeringat terlalu lama bisa menyebabkan infeksi jamur, kemerahan, gatal, atau rasa terbakar pada lipatan kulit manapun di tubuh.

Baca juga:

Tubuh Berkeringat Enggak Boleh Mandi, Nanti Masuk Angin

Duduk saat Berkeringat Ternyata Berbahaya
Segera ganti dengan pakaian bersih. (Foto: Unsplash/Keagan Henman)

Orang dengan kondisi seperti psoriasis harus menghindari menunda mandi setelah berolahraga. Karena ketika mengenakan pakaian olahraga yang berkeringat, dapat menyebabkan psoriasis terasa sangat kerng dan gatal.

Sama seperti kulit yang rentan terhadap infeksi jamur, organ intimmu juga berada dalam kondisi yang rentan. Duduk dengan pakaian basah dapat mengiritasi jamur alami di vagina dan sekitar penis. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan rasa gatal, terbakar, dan keluarnya cairan yang tidak normal.

Nah agar tidak terkena penyebab di atas, Gonzalez menyarankan agar kita segera mandi setelah berolahraga. Ya, minimal menunggu sekitar 10 menit. Apabila tidak memungkinkan, segera ganti pakaian bersih. (and)

Baca juga:

Kok Bisa Berkeringat Meski Tak Kepanasan atau Berolahraga?

#Duduk Lama #Keringat #Jamur #Bakteri
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan