Duduk Nyaman Selama Perjalanan Jauh, Perhatikan ini! Berkendara lama juga bisa pegal. (foto: pixabay)

PERJALANAN berdurasi lama bisa bikin bosan. Belum lagi kalau bokong dan punggung menjadi pegal akibat duduk terlalu lama di mobil. Ditambah macet, perjalanan jarak jauh jadi makin mengesalkan.

Tunggu dulu! Jangan mau kalah sama keadaan. Merahputih.com punya tips agar perjalanan jarak jauh kamu tetap nyaman. Tips ini berlaku pula buat kamu yang nyetir sendiri.


1. Mulai perjalanan di pagi hari

Mulailah perjalanan kamu di pagi hari. (foto: pixabay)


PAGI hari merupakan waktu ideal untuk memulai rutinitas, termasuk menyetir. Pikiran dan tubuh masih fit. Efeknya, kamu bakal lebih mudah beradaptasi dengan situasi dan kondisi di jalan.

Emosi pun lebih terkendali. Maklum saja, ulah pengemudi lain serta jalanan macet bisa memancing emosi. Tapi, untuk memulai perjalanan pada pagi hari ini ada syaratnya, ya. Kamu harus tidur cukup di malam hari.

Sejumlah riset menunjukkan durasi tidur yang pas adalah enam hingga delapan jam. Jika kurang dari itu, kamu malah rentan terkena stres dan depresi.


2. Sarapan

Sarapan secukupnya biar enggak ngantuk. (foto: pixabay)


Bukan cuma saat akan bekerja sarapan menjadi penting. Ketika kamu menyetir di pagi hari pun perut sebaiknya sudah terisi makanan. Tujuannya agar konsentrasi terjaga.

Sarapan telur juga bagus untuk memulai hari. Protein pada telur akan membuat kamu berenergi dan stamina tetap terjaga hingga siang hari. Sarapan secukupnya saja agar tidak ngantuk di perjalanan.

Enggak biasa sarapan? Minum saja susu sereal untuk stok energi selama di perjalanan.


3. Stok minuman

Jangan pernah lupa bawa stok air mineral. (foto: pixabay)


Situasi dan kondisi di jalan kadang tidak dapat diprediksi. Untuk berjaga-jaga dari kemacetan, kamu sebaiknya menyimpan stok air mineral di dalam mobil. Kekurangan asupan minuman bisa membuat tubuh menjadi lemas.

Konsumsi air mineral juga dapat mengendalikan sejenak rasa lapar ketika stok makanan kala kamu terjebak macet di jalan. Jika tidak bermasalah dengan asam lambung, kamu juga bisa membawa bekal kopi untuk mengusir kantuk selama di perjalanan.


4. Makan siang

Kalau malas mampir makan siang, bawa saja bekal sendiri. (foto: pixabay)


Mungkin kamu ingin segera tiba di tujuan. Akibatnya kamu jadi malas berhenti di perjalanan. Jika memang begitu, kamu sebaiknya membawa bekal makan siang. Bawa lah makanan yang kering agar tidak basi. Jika tidak sempat menyiapkan bekal, mampir sejenak di resto yang ada di rest area atau jalan yang kamu lalui.


5. Peregangan otot

Gerakan ringan untuk melemaskan otot. (foto: completewellbeing)


Kelamaan mengemudi dapat membuatmu pegal. Mampir lah sejenak di rest area atau tempat makan untuk istirahat. Lakukan gerakan ringan untuk melemaskan otot-otot.

Setelah istirahat dirasa cukup, kamu bisa melanjutkan perjalanan.


Tips ini bisa kamu praktikkan saat mudik Lebaran. Selamat mengaplikasikannya, ya, sob! (*)

Kredit : rina


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH